MAMPUKAH FINTECH DORONG SEKTOR UMKM DI BLORA?




Dengan pesatnya pertumbuhan industri Financial Technology (fintech) membawa angin segar bagi bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Blora. Keberadaan pinjaman online ini sangat diharapkan mampu mendorong berkembangnya UMKM di Kabupaten Blora, bila dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan perhitungan yang matang. Diantaranya yaitu usaha yang akan dilakukan harus feasible, kemudian perlu adanya bisnis plan, language of business atau laporan keuangan dan sebagainya.

 

Djati Walujastono

Djati Walujastono adalah Ketua Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Blora, dan Staf khusus Bupati Blora, bidang IPTEK, Pemerdayaan Masyarakat, Penanggulangan Kemiskinan, Kearifan Lokal.

 

Peluang kerja sama antara pelaku fintech dan industri keuangan, termasuk koperasi simpan pinjam dan institusi atau lembaga pemerintah yang bergerak di bidang pembiayaan. Kerjasama ini perlu dilakukan sehingga bisa tercapai efisiensi dalam operasi dan bisa berdampak bunga yang murah, terutama kepada peminjam pelaku usaha. Karena dengan semakin berkembangnya berbagai layanan pinjaman online, maka kebutuhan modal para pelaku UMKM terutama yang tidak bisa dilayani oleh Bank diharapkan dapat dipenuhi oleh pinjaman online. Apakah pinjaman offline akan tergusur oleh pinjaman online? Kita tunggu waktu yang bisa membuktikan, kita analogikan seperti taxi offline yang sudah terbukti tergusur oleh taxi online.

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan