fbpx

MELALUI P2K2, PKH ADVOKASI KELUARGA MISKIN DI BLORA

sebanyak 31 tenaga pendamping PKH mendapatkan pembekalan dalam melaksanakan FDS dari koordinator PKH Kabupaten Blora (Korkab) di pendopo kantor Kecamatan Ngawen.

Ngawen – Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyakat miskin, para pendamping Program Keluarga Harapan terus memfasilitasi dan mengadvokasi keluarga penerima manfaat (KPM) peserta PKH. Salah satunya melalui program pendampingan Family Development Session (FDS) atau Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2).

 

sebanyak 31 tenaga pendamping PKH mendapatkan pembekalan dalam melaksanakan FDS dari koordinator PKH Kabupaten Blora (Korkab) di pendopo kantor Kecamatan Ngawen.

 

Di pendopo kantor Kecamatan Ngawen, sebanyak 31 tenaga pendamping PKH mendapatkan pembekalan dalam melaksanakan FDS dari koordinator PKH Kabupaten Blora (Korkab).  Selanjutnya, para pendamping akan mengadvokasi kelompok-kelompok penerima program PKH yang telah dibentuk masing-masing lingkungan.

Kordinator PKH Kabupaten Blora, M Rokhim menyatakan, dari program FDS ini diharapkan mampu mendorong adanya perubahan sikap dan perilaku peserta PKH. Hal ini untuk meningkatkan kemampuan peserta, terutama dalam pengasuhan dan pendidikan anak-anaknya, serta kemandirian ekonomi.

“Mereka akan diberikan pengetahuan tentang perlindungan anak, pengurusan lanjut usia dan disabilitas. Secara bertahap keluarga PKH akan merasakan kesejahteraan,” ungkapnya, disela pembekalan kepada pandamping PKH dari Ngawen, Todanan, Japah, Kunduran, Rabu (23/08/2017).

Selain itu, KPM agar memiliki kemampuan dalam pengelolaan keuangan keluarga, khususnya ibu-ibu mengerti dan memahami kesehatan dan gizi serta membiasakan PHBS.

Menurutnya, berbagai materi atau modul diberikan kepada pendamping yang akan mendampingi keluarga PKH. Seperti modul pengasuhan dan pendidikan anak, modul pengelolaan keuangan keluarga, modul kesehatan dan gizi, modul perlindungan anak, modul lanjut usia dan modul disabilitas.

Pihaknya optimis dengan diberikannya materi-materi FDS ini, dapat mempengaruhi terhadap perubahan perilaku masyarakat menjadi lebih baik lagi.

Tahun ini pendamping PKH menargetkan menyelesaikan modul FDS tentang pengasuhan anak dan pengelolaan keuangan keluarga.

Reporter : Ngatono