MELIHAT LEBIH DEKAT POTENSI SAPI DI BLORA

Blora- Pemerintah Kabupaten Blora mengeklaim, daerah ini merupakan pengasil sapi potong terbanyak se- Indonesia. Sayangnya, potensi yang sangat besar ini, belum berhasil menyejahterakan kehidupan para peternak.

“Blora ini merupakan Kabupaten penghasil sapi potong terbesar di Jawa Tengah, bahkan Indonesia. Jumlahnya mencapai lebih dari 230 ribu ekor,” papar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blora, Komang Gede Irawadi, saat menerima rombongan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gadjah Mada  di kantor Setda Blora, Senin (01/07).

 

Kegiatan perdagangan sapi di Pasar Pon Blora

Kegiatan perdagangan sapi di Pasar Pon Blora Kota (sumber foto: blorakab.go.id)

 

Lebih lanjut Sekda Komang menyayangkan, dengan besarnya potensi sapi yang ada, nyatanya tidak dapat meningkatkan kesejahteraan pemiliknya. Pasalnya, sapi tersebut tidak diternak dengan baik, namun hanya sebagai tabungan saja.

“Ratusan ribu sapi ini, belum bisa menyejahterakan para peternak. Mereka memiliki sapi hanya untuk tabungan, atau rojo koyo. Semoga dengan adanya adik-adik mahasiswa, potensi ternak sapi ini bisa diberdayakan,” pungkasnya.

Sementara, Dosen Departemen Reproduksi dan Obstetri Fakultas Kedokteran Hewan UGM Yogyakarta, sekaligus Dosen Pembimbing pelaksanaan KKN, Erif Maha Nugraha Setyawan mengungkapkan, rencananya KKN akan berlangsung hingga 18 Agustus mendatang.

“Kali ini, kami terjunkan 29 mahasiswa yang akan melaksanakan KKN dengan tema Pengembangan Kawasan Eduwisata Technopark Berbasis Kelompok Ternak Sapi Potong di Desa Palon dan Desa Kemiri, Kecamatan Jepon,” terangnya. (jay)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan