MELON ORANGE KARANGBOYO, TEBAL BUAHNYA TEBAL UNTUNGNYA

Cepu- Melon orange, salah satu varietas melon, dikenal memiliki aroma khas yang harum, daging buah yang tebal, dan warna yang cerah. Tak pelak, varietas ini memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibanding jenis melon hijau.

Budidaya melon orange di kawasan Mentul, Kelurahan Karangboyo Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora

Seorang petani, asal Mentul Kelurahan Karangboyo Kecsamatan Cepu, Kabupaten Blora, Mustari mengaku budidaya  melon orange yang baru-baru ini ditekuninya memiliki prospek yang cerah. Selisih harga jual varietas ini dengan melon hijau mencapai Rp 5 ribu per buah.

“Kalau melon hijau per buahnya bisa mencapai berat 4 kilogram, sedangkan melon orange ini rata-rata hanya 2,5 kilogram. Meskipun demikian jumlah buahnya lebih banyak sehingga lebih untung,” papar Mustari, Selasa (14/05).

Lebih lanjut, Mustari memaparkan berbagai keunggulan lain varietas melon orange. Diantaranya Daunnya juga tetap hijau saat melon matang, sehingga terlihat lebih segar, dan tidak mengering seperti melon hijau.

Kebun melon milik Mustari dikemas dengan konsep Agrowisata. Sehingga banyak dikunjungi masyarakat untuk belajar berkebun dan pengunjung dapat memilih buah yang disukai dan memetiknya sendiri.

“Untuk pemasarannya alhamdulillah tempat saya tidak kesulitan karena dikemas sebagai Agrowisata. Dengan begitu kita bisa jual harga lebih tinggi dari harga tengkulak yang sering merugikan petani,” imbuhnya.

Meski demikian, bertani melon orange bukanlah tanpa tantangan. Salah satu kendala yang dihadapi Mustari adalah serangan hama Kresek. Cara pencegahan serangan hama ini, dengan cara melakukan perawatan tanaman secara rutin. (spt)

 

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan