MENANTI SEGARNYA KELAPA DI DESA GANDU BOGOREJO

Bogorejo – Desa Gandu Kecamatan Bogorejo terletak di dataran tinggi sebelah uatara Kabupaten Blora. Udaranya yang sejuk dan kondisi tanahnya yang mirip dengan tanah di kawasan pegunungan, membuat kawasan ini cocok digunakan sebagai tempat pengembangan budidaya kelapa.

 

Babinsa Posramil Bogorejo Serda Rusdiyono menanam tunas kelapa di lahan pertanian Desa Gandu Bogorejo, Rabu (13/12).

 

Hal ini disampaikan oleh narasumber Pelatihan Bibi Unggul dan Pengendalian Hama Terpadu Pada Tanaman Kelapa Susilo di Balai Desa Gandu Bogorejo, Rabu (13/12). ]

Acara ini diikuti sejumlah petani setempat, dan dihadiri oleh Bhabinkamtibmas Polsek Bogorejo dan Babinsa Posramil Bogorejo Serda Rusdiyono. Sebanyak 2000 tunas kelapa ditanam usai paparan materi oleh narasumber.

Selain mendapatkan informasi tentang cara budidaya tanaman kelapa, peserta pelatihan juga mendapatkan informasi tentang cara pengendalian hama pada tanaman serba guna tersebut.

“Kita langsung praktek cara budidaya kelapa, termasuk pembuatan pupuk dan pestisidanya. Bahan pembuatan pupuk dan pestisidanya banyak tersedia, yakni pupuk kandang. Namun, ada juga bahan lain,” jelas salah satu peserta pelatihan Matori.

Dilansir faunadanflora.com, kelapa (Cocos nucifera) dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian 0-450 mdpl dengan curah hujan antara 1300 sampai dengan 2300 mm per tahun, suhu udara terbaik untuk budidaya kelapa berkisar antara 20 derajat celsius sampai 27 derajat celsius.

Bibit kelapa yang baik, berasal dari Kelapa yang telah berusia antara 20 sampai 40 tahun, memiliki batang yang kuat dan lurus, terbebas dari hama dan memiliki produktivitas tinggi (berbuah banyak).

Reporter : Khoirunniam.

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.