fbpx

MENGGEMPARKAN , BAYI LAKI-LAKI DI TEMUKAN DI DEPAN RUMAH WARGA MURAHARJO

  • Bagikan
PENEMUAN BAYI LAKI LAKI
Bayi berjenis kelamin laki-laki diletakan di teras rumah seorang warga Desa Muraharjo. Foto : Bloranews

Kunduran – Warga Desa Muraharjo, Kunduran, Blora digegerkan dengan penemuan bayi berjenis kelamin laki-laki, yang diletakan di teras rumah seorang warga Desa Muraharjo, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Senin (8/05/17) pagi.

Bayi yang hanya terbungkus pakaian dan kain selimut tebal warna merah tersebut diketahui pertama oleh Edi Purwanto (16) dan Darji (50).

 

PENEMUAN BAYI LAKI LAKI
Bayi berjenis kelamin laki-laki diletakan di teras rumah seorang warga Desa Muraharjo. Foto : Bloranews

 

Darji mengemukakan bahwa mengetahui adanya bayi tersebut setelah diberitahu anaknya, Edi Purwanto. Saat itu Edi Purwanto yang sedang tidur dirumah Marno, terbangun mendengar suara tangisan bayi yang ada di depan rumah pamannya itu. Dengan perasaaan was-was sekitar pukul 04.00 Wib dirinya mendekati suara tangisan bayi itu dijendela kaca rumah, alangkah kagetnya setelah membuka pintu dia melihat seorang bayi mungil yang terbungkus selimut diletakkan di kursi depan rumah.

Kemudian “Edi memberitahu saya. Kami bersama-sama mendekati bungkusan merah tersebut, dan ternyata melihat sosok bayi laki-laki yang terbungkus kain selimut tebal merah, yang diletakan diatas kursi depan rumah Marno,” terangnya.

Darji sendiri yang baru pulang dari Semarang tidak tau asal muasal dan orang tua si bayi tersebut, dirinya langsung membopongnya dan memberitahu tetangga-tatangganya serta membawanya ke klinik bidan setempat.

“Tadi langsung tak bopong karena menangis di kursi depan rumah kang Marno, lalu saya bawa ke rumah keponakan saya Ruslan yang rumahnya berdekatan. Setelah itu, saya langsung lapor ke pak RT dan pak Lurah. Terus saya bawa bu bidan dan bayinya sehat, umurnya kira-kira sepuluh hari karena pusarnya sudah lepas tapi masih basah,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Dia merasa terenyuh dan sempat meneteskan air mata saat membawa bayi tersebut. Karena tidak ada identitas apapun, dan memikirkan orang tuanya yang tega membuang bayi tersebut.

Menurut Kapolsek Kunduran AKP Agus Budiyana yang mendapatkan laporan dari Kepala Desa Muraharjo membenarkan kejadian tersebut, bahwa telah ditemukan bayi yang berada di depan rumah salah seorang warga Desa Muraharjo, dini hari.

“Diperkirakan bayi itu diletakkan oleh seseorang dini hari tadi,” kata AKP Agus Budiyana.

Sampai saat ini Kepolisian Sektor Kunduran masih melakukan lidik kasus penemuan bayi ini. Sedangkan kondisi bayi sampai saat ini dalam keadaan sehat dan untuk sementara diasuh oleh Ruslan (36) dan Lestari (47) warga Desa Muraharjo, Kunduran yang memang tidak mempunyai anak selama ini.

AKP Agus Budiyana menjelaskan sampai saat ini tidak ada saksi mata yang melihat adanya orang yang membuang bayi malang di emperan rumah tersebut. “Tidak ada saksi mata yang melihat orang meletakkan sesuatu di depan teras rumah Marno tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Ruslan keponakan Darji, yang sementara mengasuh bayi tersebut merasa bahagia sekali karena selama ini belum dikaruniai anak. Ruslan pun juga sudah menandatangani pernyataan di Mapolsek Kunduran terkait dengan pengasuhan bayi tersebut.

Dirinya mengungkapkan selama dua hari ini berkeluh kesah dengan istrinya yang menyayangkan kejadian pembuangan bayi yang sering dilihat di TV.

“Ya bahagia sekali, ini malah jadi anugerah buat keluarga saya karena kemarin sudah rasan-rasan sama isteri lihat berita di TV orang buang bayi, mending kan diberikan kepada saya. La kok hari ini ada bayi begitu saja, Alhamdulillah,” ujarnya.

Ruslan merencanakan nama bayi tersebut yakni Muhammad Al Rizki. Dengan maksud bahwa anak ini yang diberikan Allah kepada keluarganya.

Sedangkan Sekretaris Kecamatan Kunduran Sugeng Sumarno yang datang ke lokasi kejadian (TKP) pembuangan bayi mengharapkan agar bayinya dirawat dengan baik oleh keluarga. “Iya, ini jadi amanah keluarga pak Ruslan sama Bu Lestari jika memang bersedia untuk mengasuh bayi tersebut, semoga mendapatkan barokah dari Allah. Saya harapkan juga kejadian ini menjadi pelajaran masyarakat agar tidak menelantarkan anak,” pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, pihak Dinas Sosial Kabupaten Blora, Pemerintah Kecamatan Kunduran yang diwakili Sekretaris Kecamatan, Polsek Kunduran, dan Perangkat Desa Muraharjo masih berada di rumah Ruslan untuk melakukan pengecekan kondisi bayi tersebut.

Reporter : Ngatono

banner 120x500
  • Bagikan