MENGURUS DATA KEPENDUDUKAN DI BLORA MAKIN MUDAH DAN CEPAT

Blora- Masyarakat Blora semakin dimudahkan dalam mengurus data kependudukan. Pasalnya, inovasi terus dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) untuk meningkatkan pelayanan.

 

Petugas front office Dindukcapil Blora melayani pengurusan data kependudukan

Petugas front office Dindukcapil Blora melayani pengurusan data kependudukan

 

Baru-baru ini, Dindukcapil Blora meluncurkan program satu pintu pengurusan data kependudukan. Sebanyak 11 operator siap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang akan mengurus KTP Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, KIA, dan data kependudukan lainnya.

“Jadi program ini bernama Aku Semok, singkatan dari Administrasi Kependudukan untuk Semua ok! . Program ini telah kita sosialisasikan pada Karnaval bulan Agustus lalu,” terang Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dindukcapil Blora, Agus Listiyono, Selasa (24/09).

Dengan adanya program ini, para pemohon data kependudukan tidak perlu berpindah-pindah loket untuk mengurus berbagai data. Tiap operator mampu melayani berbagai permohonan data kependudukan.

“Jadi, gak perlu ganti-ganti loket. Cukup datang, mengambil nomor antrian, menunggu sebentar, kemudian akan dilayani para operator yang bertugas. Tak hanya itu, kita juga terus melakukan berbagai inovasi lain,” imbuhnya.

Inovasi lain di Dindukcapil Blora adalah membuka pelayanan pengurusan Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) di Rumah Sakit, Puskesmas, dan Klinik Bersalin. Dengan inovasi ini, bayi akan memiliki data kependudukan segera setelah lahir.

“Saat ini, kita bekerja sama  2 rumah sakit, 26 puskesmas, dan 4 klinik yang tersebar se- Kabupaten Blora. Lebih mudah, jadi cukup dipasrahkan ke petugas dan tidak usah bayar. Gratis,” pungkasnya. (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan