MENUNGGU HADIRNYA CALON PERSEORANGAN

Tahapan Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020 telah memasuki tahapan persiapan penyerahan dukungan persyaratan pasangan calon perseorangan. Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 16 Tahun 2019 tentang perubahan atas PKPU Nomor 15 tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota, penyerahan syarat dukungan pasangan calon perseorangan Bupati dan Wakil Bupati diserahkan kepada KPU Kabupaten pada tanggal 19-23 Februari 2020. Itu artinya pasangan calon perseorangan tinggal memiliki waktu satu setengah bulan dari sekarang guna mempersiapkan persyaratan dukungan.

 

Ilustrasi

Ilustrasi

 

Beradasarkan ketentuan Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, Dan Walikota Menjadi Undang-Undang, pasal 41 ayat 2 menyebutkan pasangan calon perseorangan dapat mencalonkan diri menjadi pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota apabila memenuhi jumlah syarat dukungan yang telah ditentukan.

Dalam pasal tersebut diatur, ketentuan jumlah dukungan adalah prosentase dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilu atau Pemilihan terakhir. Ketentuanya yaitu, jumlah DPT hingga 250 ribu jumlah syarat dukungan adalah 10%. Jumlah DPT 250-500 ribu sebesar 8,5%. Jumlah DPT 500 ribu – 1 juta jumlah dukungan 7,5%. Sedangkan jumlah DPT lebih dari 1 juta jumlah dukungan yang wajib diserahkan minimal 6,5%. Prosentase jumlah dukungan tersebut wajib tersebar di 50% lebih jumlah kecamatan yang ada di wilayah kabupaten/kota.

Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Blora untuk pasangan calon perseorangan berlaku ketentuan jumlah dukungan sebesar 7,5%. Dikarenakan jumlah DPT dalam Pemilu terakhir yakni Pemilu 2019 jumlah DPT sebesar 706.940. Sehingga masuk dalam rentang jumlah DPT antara 500 ribu-1 juta. Perkalian dari 7,5% dan 706.940 adalah 53.021. Dengan demikian, setiap pasangan calon perseorangan wajib menyerahkan syarat dukungan minimal sejumlah 53.021 yang tersebar minimal di 9 kecamatan di Kabupaten Blora.

Dalam pelaksanaan penyerahan syarat dukungan pasangan calon perseorangan KPU Blora mewajibkan kepada pasangan calon untuk menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Tujuan dari penggunaan Silon untuk membantu mempermudah dan merapikan dokumen syarat dukungan pasangan calon. Dengan penggunaan Silon, sejak awal pasangan calon dapat mendeteksi dukungan ganda. Selain itu, apabila sudah tersusun dengan baik pasangan calon dapat mencetak dokumen syarat dukungan yang dibutuhkan dari Silon. Sehingga apabila pasangan calon tertib dalam penyusunan syarat dukungan, keberadaan Silon akan meringankan pekerjaan.

Tidak hanya itu, dalam membantu pasangan calon perseorangan menyusun dokumen syarat dukungan, KPU Blora membuka Help Desk. Hal ini dimaksudkan guna membantu dan membimbing pasangan calon perseorangan apabila menemui kendala dan permasalahan dalam penyusunan syarat dukungan. KPU Blora berharap keberadaan Help Desk ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pasangan calon perseorangan.

 

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan