MERAH-PUTIH RAKSASA AKAN DIARAK DI KARANGTENGAH

Ngawen Bendera merah putih berukuran super besar dengan panjang 50 meter dan lebar 3 meter, akan dibentangkan dan diarak mengelilingi Desa Karangtengah Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora.

 

Pemuda Karangtengah Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora melakukan persiapan jelang Kirab Bendera Merah Putih raksasa

Pemuda Karangtengah Kecamatan Ngawen Kabupaten Blora melakukan persiapan jelang Kirab Bendera Merah Putih raksasa

 

“Kita ingin menunjukkan, semangat kemerdekaan juga bergelora di hati para pemuda desa, mas. Kita juga menggelar berbagai kegiatan lainnya untuk memeriahkan hari kemerdekaan tahun ini,” kata inisiator kirab bendera raksasa, Adib Khusnunniam, Jumat (16/08).

Lebih lanjut, Cuplis (sapaan Adib Khusnunniam)mengungkapkan, untuk membuat bendera raksasa tersebut digabungkan 4 helai kain. Meliputi, kain warna merah berukuran 45 meter x 1,5 meter, kain warna putih berukuran 45 meter x 1,5 meter.

“Untuk menggenapkan jadi 50 meter, masing-masing kita gabungkan dengan kain sepanjang 5 meter. Semua pemuda berkontribusi dalam agenda ini, mereka menyumbangkan berdasarkan kesadaran. Tidak ada penarikan, tapi atas dasar sukarela,” imbuhnya.

Rencananya, penjahitan bendera raksasa ini akan digelar bertepatan dengan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 74 esok hari. Penjahitan akan dilakukan secara massal dan manual oleh para pemuda dan warga setempat, dilanjutkan dengan kirab bendera keliling desa.

Selain kirab bendera, sejumlah agenda merayakan kemerdekaan digelar di desa ini. Dimulai pada 10 Agustus lalu dengan kerja bakti bersih desa, kemudian pembuatan gapura serta pemasangan umbul-umbul, berkatan (selamatan) kemerdekaan, dan berbagai perlombaan khas Agustusan.

“Jadi, perayaan kemerdekaan tidak hanya meriah di pusat-pusat kota, tapi milik kita semua. Walaupun bukan bendera yang paling besar, ini menunjukkan kita para pemuda kompak,” pungkas Cuplis. (jay)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan