fbpx

MERIAH! KIRAB BUDAYA HIASI SEDEKAH BUMI DESA SAMBONGREJO

Sedekah Bumi Desa Sambongrejo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora terlihat gemerlap lantaran diiringi dengan festival Kirab Budaya. Kirab Budaya ini merupakan serangkaian kegiatan sedekah bumi yang dihelat sejak kemarin, Rabu (3/8/2022).
Kirab Budaya dalam rangka Sedekah Bumi Desa Sambongrejo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora.

Ngawen, BLORANEWS – Sedekah Bumi Desa Sambongrejo, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Blora terlihat gemerlap lantaran diiringi dengan festival Kirab Budaya. Kirab Budaya ini merupakan serangkaian kegiatan sedekah bumi yang dihelat sejak kemarin, Rabu (3/8/2022).

Dijelaskan Sekretaris Desa Sambongrejo, Yusuf Burhanuddin, rangkaian acara sedekah bumi tahun ini digelar selama tiga hari. Dimulai sejak kemarin Rabu (3/8) hingga besok Jumat (4/8). Dan untuk hari ini, sedekah bumi dimeriahkan dengan festival kirab budaya.

BACA JUGA :  GREBEK KELURAHAN, WARGA BANGKLE BLORA ANTUSIAS BEREBUT GUNUNGAN

“Festival kirab budaya diikuti oleh beberapa elemen masyarakat. Mulai dari Pemdes Sambongrejo, pegiat seni barongan Kyai Singo Lodoyo dan Sangga Buana, TK Pertiwi, SDN Sambongrejo, KB Darusalam, RA Darussalam, MI Darusalam, serta komunitas desa seperti Kopi Racing dan PB Jupiter,” jelasnya, Kamis (4/8).

Sementara itu, Kepala Desa Sambongrejo, Mat Khohir menjelaskan, rangkaian kegiatan dilaksanakan dalam rangka sedekah bumi, menghibur masyarakat. Selain warga desa, warga luar desa juga ikut menonton. Ia berharap, kegiatan bisa dilaksanakan setiap tahun dan lebih menarik. 

BACA JUGA :  MERIAH, BUPATI BERHARAP GREBEG BANGKLE BISA JADI EVENT TAHUNAN BLORA

“Untuk melaksanakan kegiatan ini, kami percayakan kepada Panitia Sedekah Bumi. Tujuannya sama seperti desa-desa yang lain, mempertahankan budaya dan tradisi yang telah dilakukan selama ratusan tahun ini,” tegasnya.

Adapun manual acara sedekah bumi Desa Sambongrejo tahun 2022 meliputi pentas seni barong yang dihelat kemarin Rabu (4/8), kirab budaya dan kethoprak yang dihelat hari ini, Kamis (5/8), serta lomba-lomba tradisional seperti panjat pinang, makan krupuk dan lain sebagainya. (Kin). 

BACA JUGA :  URI-URI BUDAYA, GELAR GREBEG DESA BANGKLE