Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

MERIAH, SANTRI AL ALIF SAMBUT IDUL ADHA DENGAN TAKBIR KELILING

Tunjungan- Ratusan santri di pesantren Al Alif menggelar takbir keliling dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha 1440 H. Dimulai usai maghrib, ratusan santri berbaris rapi dan menggemakan takbir dengan membawa obor bambu.

 

Para santri di Pesantren Al Alif Setro, Desa Tamanrejo Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora menggelar takbir keliling

Para santri di Pesantren Al Alif Setro, Desa Tamanrejo Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora menggelar takbir keliling

 

“Sebelumnya, kami mengajak para santri melaksanakan Puasa Arafah. Kemudian, setelah berbuka dan sholat maghrib berjamaah, kita takbir keliling,” kata pengasuh Pesantren Al Alif, KH Muhammad Nasir di kompleks pesantren, Dusun Setro Desa Tamanrejo Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora, Sabtu ( 10/08).

Takbir keliling dilaksanakan dengan rute dari pesantren menuju Setro hingga Tamanrejo. Barisan ini terus bergerak hingga ke depan SMK Negeri 1 Blora dan kembali ke arah SPBU Setro dan kembali ke kompleks pesantren.

Dalam agenda ini, para santri diajak berjalan kaki dan bukan diangkut dengan kendaraan. Menurut Kyai Nasir yang juga sesepuh NU Blora ini, takbir keliling berjalan kaki akan lebih afdhol, dan nuansa syiar lebih terasa.

“Tujuan kita syiar dan melestarikan tradisi ahlusunnah wal jamaah. Seperti jaman dulu, takbir keliling juga diterangi dengan cahaya obor,” imbuhnya.

Bagi para santri, takbir keliling menyambut Idul Adha tersebut menjadi salah satu agenda yang menyenangkan. Pasalnya, mereka menjadi semakin tau tentang tradisi ahlusunnah yang ada di Nusantara.

“Alhamdulillah seneng. Rasanya haru, dan mengingatkan kita dengan pentingnya syiar Islam seperti yang telah dilakukan ulama-ulama jaman dulu,” komentar Alimun (25) santri asal Desa Dologan Kecamatan Japah Kabupaten Blora. (jay)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan