fbpx

MESIN PENCACAH, UBAH LIMBAH PERTANIAN MENJADI PAKAN TERNAK

  • Bagikan
Kapolres Blora AKBP Saptono mengoperasikan mesin pencacah, Jumat (05/01).

Jiken – Bhabinkamtibmas Polsek Jiken Aipda Suyono merangkai sebuah alat pertanian yang diberi nama Masin Pencacah Rumput. Mesin ini dipercaya dapat mengolah limbah tanaman yang semula dimusnahkan dengan cara dibakar menjadi pakan ternak.

Mesin pertanian ini menarik perhatian Kapolres Blora AKBP Saptono. Usai melaksanakan kegiatan Si Samat (Safari Jumat), Kapolres berkunjung ke kediaman Aipda Suyono dan mencoba pengoperasian alat tersebut, Jumat (05/01).

 

Kapolres Blora AKBP Saptono mengoperasikan mesin pencacah, Jumat (05/01).

 

Di depan Kapolres, Aipda Suyono memaparkan rangkaian mesin pencacah, kegunaan dan cara menggunakan alat tersebut.

Menurutnya, mesin pencacah ini dapat menjadi solusi sulitnya mendapatkan pakan ternak saat musim kemarau.

“Limbah batang jagung yang sudah kering biasanya dibakar oleh petani sekarang bisa dimanfaatkan buat pakan ternak dengan dengan dicacah dan melalui proses fermentasi, hasil fermentasi ini diawetkan (silase) sehingga dapat dikonsumsi ternak dalam  4 bulan bahkan lebih,” jelas Aipda Suyono.

Kapolres Blora AKBP Saptono mengapresiasi mesin pertanian ini. Setelah mencoba mencacah beberapa batang jagung, Kapolres menyampaikan keunggulan alat buatan Bhabinsa Polsek Jiken ini.

 “Kami sangat mengapresiasi dengan alat pencacah rumput.  Bisa dimodifikasi, harganya murah, awet dan tahan lama karena pisaunya tebal. Kesulitan modal yang dialami Aipda Suyono memang sedikit menghambat, karena kurangnya perhatian,” komentar Kapolres Blora

Reporter: Ngatono

  • Bagikan