fbpx

MIRIS! GEGARA SEBATANG KAYU, PRIA INI DIPOLISIKAN

  • Bagikan
JSM dan sebatang kayu yang mengakibatkan dirinya dipolisikan
JSM dan sebatang kayu yang mengakibatkan dirinya dipolisikan

Jepon- Seorang pria bernama JSM (53) dilaporkan petugas Perhutani KPH Cepu lantaran kedapatan membawa kayu tanpa dilengkapi dokumen yang sah. Ironisnya, pria ini hanya membawa sebatang kayu jati berukuran 400 cm x 10 cm x 8 cm yang nilainya tak sampai Rp 150 ribu.

Kapolsek Jepon Polres Blora, AKP Sudarno mengungkapkan, JSM yang merupakan warga Desa Singonegoro RT 03 RW 01 Kecamatan Jiken ini, dilaporkan oleh Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) Kedungprahu KPH Cepu, Suwoto (46), Jumat (08/03) pagi.

 

JSM dan sebatang kayu yang mengakibatkan dirinya dipolisikan
JSM dan sebatang kayu yang mengakibatkan dirinya dipolisikan

 

“Petugas Perhutani menangkap tersangka di lorong jalan Damaran RT 06 RW 04 Kelurahan Jepon Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora. Kita sebenarnya sudah menyarankan petugas perhutani, agar pelaku diberi pembinaan saja, tapi pihak Perhutani ingin perkara ini dilanjutkan,” terangnya.

Dengan demikian, kepolisian pun akhirnya melanjutkan penanganan kasus ini. Pria yang sehari-hari bekerja sebagai petani itu, akhirnya mendekam di Mapolsek Jepon untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

“Jadi saat itu, pelaku sedang memikul kayu, ternyata ada patroli Perhutani. Saat ini tersangka sudah dibawa ke Polres Blora,” pungkasnya.

Pelaku dijerat dengan UU RI nomor 18 tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan, pasal 12 huruf e juncto pasal 83 (1) huruf b, dengan ancaman pidana kurungan paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 5 (lima) tahun.

Banyak pihak menyayangkan sikap Perhutani yang kekeuh melanjutkan kasus ini. Dinilai, hanya karena sebatang kayu yang nilainya Rp 142.912, JSM harus mendekam dibalik jeruji besi. (one)

banner 120x500
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!