fbpx

MONITORING MUSRENBANGCAM, PEMKAB BLORA SOROTI INFRASTRUKTUR DAN PELAYANAN PUBLIK

  • Bagikan
Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Japah, Kamis (08/02).

Blora – Pemkab Blora melaksanakan monitoring (pengawasan) Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat kecamatan tahun 2019. Hari ini (08/02), monitoring dilaksanakan di tiga kecamatan, meliputi Kecamatan Ngawen, Kecamatan japah dan Kecamatan Jiken.

Musrenbang tingkat Kecamatan ini akan berlangsung hingga pekan depan di seluruh Kecamatan se- Kabupaten Blora.

 

Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Japah, Kamis (08/02).

 

Dalam kesempatan itu, Bupati Blora Djoko Nugroho diwakili wabup Arief Rohman menjelaskan urgensitas monitoring ini.

“Atas izin Pak Bupati, kami akan kawal proses Musrenbang di tingkat Kecamatan. Sehingga usulan pembangunan bisa tepat sasaran sesuai dengan skala prioritas dan besarnya anggaran yang tersedia. Peran Bappeda sangat vital dalam merumuskan perencanaan pembangunan ini,” jelasnya.

Arief mengatakan, saat ini Pemkab Blora akan memprioritaskan pembangunan pada sektor infrastruktur dan pelayanan publik.

“Untuk di Kecamatan Ngawen ia menyampaikan bahwa Pak Bupati memprioritaskan pembangunan jembatan Sungai Lusi penghubung Kecamatan Ngawen menuju Kecamatan Banjarejo yang ada di Desa Sendangagung. Kemudian perbaikan jalan Rowobungkul hingga Sonokidul dan lainnya,” lanjutnya.

Sedangkan pada sektor pelayanan publik, terutama di bidang pendidikan ia berpesan agar pelaksanaan UNBK tingkat SMP di Kabupaten Blora nantinya bisa berjalan lancar. Pemkab sadar bahwa pihaknya belum bisa memenuhi semua kebutuhan komputer, sehingga perlu adanya peran orang tua murid.

Ia meminta agar Komite Sekolah bisa rembugan bersama, memecahkan masalah sesuai dengan regulasi yang ada. Jangan sampai ada pungutan liar. Sumbangan diperbolehkan namun besarannya tidak boleh ditentukan.

Sedangkan di sektor ekonomi pedesaan, ia meminta agar masing-masing desa bisa segera menghidupkan BUMDes. Minimal satu Kecamatan ada satu BUMDes sebagai percontohan agar perekonomian desa bisa tumbuh.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Blora Sutikno Slamet menerangkan bahwa Musrenbang tingkat Kecamatan kali ini digelar untuk merangkum seluruh usulan prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan di tahun anggaran 2019.

 

Penyunting : Aribpak’i

 

  • Bagikan