MOTIVASI BAKAL CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI BLORA 2020

Blora – Pilkada Blora masuk dalam tahapan Pemutakhiran data, masing-masing kandidat memiliki motivasi masing-masing yang mendorong untuk turut berkontribusi terhadap kemajuan rakyat Blora. 

Menurut Wikipedia Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini diantaranya adalah intensitas, arah, dan ketekunan.

 

Ilustrasi jalan rusak

Ilustrasi

 

Berdasarkan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, teori X dan teori Y Douglas McGregor maupun teori motivasi kontemporer, arti motivasi adalah ‘alasan’ yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Seseorang dikatakan memiliki motivasi tinggi dapat diartikan orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaannya yang sekarang. 

Berbeda dengan motivasi dalam pengertian yang berkembang di masyarakat yang sering kali disamakan dengan ‘semangat’, seperti contoh dalam percakapan “saya ingin anak saya memiliki motivasi yang tinggi”. Statemen ini bisa diartikan orang tua tersebut menginginkan anaknya memiliki semangat belajar yang tinggi. Maka, perlu dipahami bahwa ada perbedaan penggunaan istilah motivasi di masyarakat. Ada yang mengartikan motivasi sebagai sebuah alasan, dan ada juga yang mengartikan motivasi sama dengan semangat.

Dalam hubungan antara motivasi dan intensitas, intensitas terkait dengan seberapa giat seseorang berusaha, tetapi intensitas tinggi tidak menghasilkan prestasi kerja yang memuaskan kecuali upaya tersebut dikaitkan dengan arah yang menguntungkan organisasi. 

Sebaliknya elemen yang terakhir, ketekunan, merupakan ukuran mengenai berapa lama seseorang dapat mempertahankan usahanya.

Motivasi berasal dari bahasa Latin “movere”, yang berarti menggerakkan. Menurut Weiner (1990) motivasi didefinisikan sebagai kondisi internal yang membangkitkan kita untuk bertindak, mendorong kita mencapai tujuan tertentu, dan membuat kita tetap tertarik dalam kegiatan tertentu. Menurut Uno (2007), motivasi dapat diartikan sebagai dorongan internal dan eksternal dalam diri seseorang yang diindikasikan dengan adanya hasrat dan minat, dorongan dan kebutuhan, harapan dan cita-cita, penghargaan, dan penghormatan. 

Sedangkan Imron (1966) menjelaskan bahwa motivasi berasal dari bahasa Inggris “motivation” yang berarti dorongan atau pengalasan untuk melakukan suatu aktivitas hingga mencapai tujuan.

Dari serangkaian pengertian para ahli di atas, maka dapat disimpulkan bahwa motivasi adalah sesuatu alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan; menyelesaikan; menghentikan; dsb, suatu aktivitas guna mencapai tujuan tertentu yang diinginkan dari motivasi tersebut.

Berikut motivasi para Kandidat Pilkada Blora 2020 berdasarkan berkas B2KWK yang dikirim kandidat untuk memenuhi persyaratan pendaftaran di KPU.

Pertama, Pasangan Umi Kulsum-Agus Sugiyanto (UMAT). Umi Kulsum memiliki Motivasi  “Menyumbangkan tenaga dan pikiran untuk mewujudkan Blora yang lebih baik” dengan Target dan sasaran “Menuju masyarakat maju, sejahtera dan bermartabat”

Sedangkan Agus Sugianto memiliki Motivasi “ ingin kembali ke Blora, Membangun Blora, agar Blora semakin tambah maju, makmur, Sejahtera dan bermartabat” dengan Target dan sasaran “Blora lima tahun kedepan bisa lebih maju, baik sumber daya alam dan infrastruktur, serta pembangunan yang lebih merata dan berkeadilan”

Kedua, Pasangan Arief Rohman-Tri Yuli Setyowati (ARTYS) Arief Rohman dan Tri Yuli Setyowati memiliki motivasi yang sama yaitu 

“Sesarengan Mbangun Blora” Dengan Target dan Sasaran yang sama “Menjadikan Kabupaten Blora lebih maju disegala bidang”.

Ketiga, Pasangan Dwi Astutiningsih-Riza Yudha Prasetya (ASRI). Dwi astutiningsih dan Riza Yudha Prasetyo memiliki motivasi yang sama Yaitu “Memberi alternatif pilihan kepada masyarakat tentang pemimpin yang membawa Blora menjadi maju, Hebat dan Bermartabat” Dengan Target dan sasaran yang sama juga “Seluruh masyarakat yang menginginkan Perubahan” (dj)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan