fbpx

MOU DENGAN BUPATI, BALITBANG SDM KEMENKOMINFO AKAN BERI BEASISWA UNTUK TINGKATKAN SDM

  • Bagikan
Bupati Blora Arief Rohman menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kepala Balitbang SDM Kemenkominfo, Eng Hary Budiarto.

Blora – Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM) Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Blora. Kominfo akan memberikan beasiswa pelatihan peningkatan kapasitas SDM untuk Kabupaten Blora.

Kerjasama ditandai Bupati Blora Arief Rohman, dengan melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Kepala Balitbang SDM Kemenkominfo, Eng Hary Budiarto.

Hary menjelaskan bahwa pelatihan digital yang akan dilakukan bakal menyasar sekitar 5 ribu orang di Kabupaten Blora. Menurutnya jumlah tersebut nantinya tidak menutup kemungkinan untuk bertambah lagi.

“Hari ini kita canangkan untuk 5 ribu talenta digital di tahun 2022, tentunya tidak terbatas pada 5 ribu nanti kalau peminatnya semakin banyak di daerah-daerah sekitar nanti kita bantu,” jelasnya di Hotel Kyriad Arra Cepu, Selasa (9/11).

Hary mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Blora yang ingin mengembangkan kemampuannya di bidang tersebut untuk dapat mengikuti kegiatan pelatihan.

“Selamat kepada masyarakat Kabupaten Blora, karena nanti di tahun 2022 semua punya kesempatan untuk ikut pelatihan digital dari Kementerian Kominfo, jangan sia-siakan kesempatan ini” ajaknya.

Turut hadir dalam penandatangan tersebut Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, Kepala BPSDMP Kominfo Yogyakarta, beserta OPD terkait Pemkab Blora.

Bupati Arief mengungkapkan dengan kerjasama ini nantinya bisa meningkatkan kualitas SDM yang ada di Kab. Blora. Melalui berbagai pelatihan dan kegiatan ini nanti akan kita berikan kepada ASN kita, untuk aparatur kita termasuk aparat desa, para pelajar, dan masyarakat, sehingga sadar digital.

“Saat ini kebutuhan jaringan internet sangat penting bagi kehidupan kita, selain memperlancar komunikasi juga menunjang pertumbuhan ekonomi digital serta promosi potensi daerah. Oleh karena itu nanti kita akan berkirim surat ke Pak Menteri Kominfo terkait pembangunan BTS jaringan internet pedesaan ini,”

Hary menambahkan, bahwa program beasiswa dari Kementerian Kominfo yang disepakati ini masuk dalam program besar Digital Talent Scholarship (DTS). Adapun skema-skema pelatihan dalam program ini diantaranya Digital Entrepreneurship Academy (DEA),

“Thematic Academy (TA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Fresh Graduate Academy (FGA), Profesional Academy (PROA), Government Transformation Academy ( GTA), Talent Scouting Academy (TSA), dan Digital Leadership Academy (DLA),” tambahnya.

Sebagai informasi, Pelatihan digital ditargetkan untuk masyarakat umum, pengusaha, mahasiswa, Angkatan tenaga kerja muda, ASN, insan media, dan pimpinan instansi atau perusahaan. (jml). 

  • Bagikan