NGONTHEL 30 KM, PRAMUKA 70 TAHUN HADIRI PERINGATAN HARI BADEN POWELL 2019

Jati- Meski senja usia, Sudarto (70) bersemangat menghadiri peringatan Hari Baden Powell 2019 di Kecamatan Jati. Tak main-main, pramuka berusia lanjut ini bersepeda (ngonthel, jw) dari rumahnya di Kelurahan Wulung Kecamatan Randublatung yang jaraknya hampir 30 kilometer.

Tak pelak, kehadiran Sudarto yang akrab disapa Kak Randu ini segera menarik perhatian pramuka yang hadir dalam kegiatan tersebut. Kepada para pramuka itu, Kak Randu berpesan agar terus semangat dalam belajar dan berkarya.

 

Sudarto (70), yang akrab disapa Kak Randu bersepeda dari Randublatung menuju Jati untuk mengikuti Peringatan Hari Baden Powell 2019

Sudarto (70), yang akrab disapa Kak Randu bersepeda dari Randublatung menuju Jati untuk mengikuti Peringatan Hari Baden Powell 2019

 

“Adik-adik harus lebih semangat lagi. Karena, Pramuka harus rajin terampil dan gembira. Juga, selalu disiplin, berani dan setia,” pesannya seraya mengutip beberapa poin dalam Dasadarma Pramuka, Kamis (21/02).

Sepeda yang dipakai Kak Randu, menurut pengakuannya, diberikan oleh pengurus Kwarnas dalam sebuah kesempatan. Dalam acara ini, tak sedikit anggota pramuka yang meminta foto Kak Randu dan sepeda kesayangannya itu.

Pramuka Tangguh di Era Revolusi Industri 4.0

Hadir pula dalam Peringatan Hari Baden Powel 2019 tingkat Kabupaten Blora di Kecamatan Jati tersebut Kwarcab Blora, Slamet Pamudji. Dalam pesannya, Slamet berharap pramuka semakin tangguh dalam menghadapi era revolusi industri 4.0

“Tantangan ke depan semakin nyata. Pramuka harus tangguh dalam menghadapi era digital 4.0,” pesan Slamet.

Dirinya mencontohkan, kemajuan teknologi membuat banyak hal dikemas dalam wujud digital. Bahkan, api unggun yang merupakan salah satu tradisi dalam pramuka , ditampilkan dalam bentuk api unggun digital.

“Maka, pramuka harus menyiapkan diri sebaik-baiknya di era digital ini. namun, yang harus dipegang teguh oleh tiap anggota pramuka adalah moral yang baik, watak, dan kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai bangsa,” pungkasnya.

Hadir dalam agenda ini, Camat Jati Bawa Dwi Raharja selaku Kamabiran, para kepala SD selaku Kamabigus, Kapolsek Jati Iptu Supriyono dan jajaran Forkompimcam Jati lainnya. (lot)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.