fbpx
Adv  

NGURI-URI BUDAYA, RIBUAN GURU PAUD BLORA TAMPILKAN TARI KOLOSAL

Guru PAUD Blora tampilkan tari kolosal

Blora, BLORANEWS – Ribuan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se Kabupaten Blora menampilkan Senam Pelajar Pancasila dan Tari Samapta Luding di sepanjang jalan Pemuda Blora, Senin (4/12/2023).

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD Dikmas) Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Nuril Huda acara kolosal itu diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-274 Kabupaten Blora.

“Pesertanya ini pendidik PAUD se Kabupaten Blora. Kita punya pendidik PAUD 2.600. Hanya saja yang ikut acara ini kurang lebih 2.500, karena memang tidak semuanya bisa, yang berhalangan dan sebagainya. Ini sepanjang Jalan Pemuda mulai depan BRI sampai dengan Tugu Pancasila, ini penuh teman-teman pendidik PAUD untuk menari,” jelas Nuril Huda.

Melalui acara itu, Nuril Huda berharap semoderen apapun kita, yang namanya budaya tradisional itu harus dilestarikan (uri-uri).

“Seperti tema kita, guyub rukun sesarengan mbangun Blora berkelanjutan, nguri-uri budaya hingga desa,” ucapnya.

Hal itu merupakan cerminan semangat kebersamaan, persatuan, guyub rukun melanjutkan pembangunan daerah tanpa melupakan pelestarian seni budaya lokal.

Diperoleh informasi Senam Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, enam dimensi profil pelajar Pancasila tergambar di dalamnya, yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.

Senam pelajar Pancasila merupakan perwujudan pelajar yang bertanggugjawab, pelajar yang dapat berkompeten, berkarakter dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Sedangkan Tari Samapta Luding menceritakan sosok perempuan yang cerdas, mandiri, aktif dan tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan zaman. Ini tercermin dari gerakan-gerakan tari Samapta Luding. Gerakan-gerakan tari yang lincah dan enerjik merupakan cermin pendidik PAUD yang ada di Kabupaten Blora, pendidik yang aktif, mandiri, tangguh dalam membersamai murid. Pendidik PAUD ikut berpartisipasi aktif dan selalu semangat dalam mendidik anak-anak PAUD yang ada di Kabupaten Blora.

Eevent itu dirangkaikan dengan acara Blora Berkebaya (Parade Kebaya) dari simpang empat Grojogan hingga Alun-Alun Blora yang diinisiasi Dekranasda Blora bersama Dindagkop UKM Blora dengan peserta seluruh OPD, Instansi di Kabupaten Blora. Acara itu memantik masyarakat untuk menonton.

Di hari yang sama juga digelar Tradisi Manten Blora yang digelar Harpi Melati dan Permadani bertempat di panggung Alun-alun Blora serta live musik keroncong.

Kemudian di hari kedua, Selasa (5/12/2023) diselenggarakan pertunjukan bakat dan kreativitas dan live musik campursari.

Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Blora Arief Rohman dengan mengenakan pakaian tradisional/adat Samin. (Dinkominfo Blora).