NYANTING DAN NGLOROD, ANAK-ANAK CEPU BELAJAR BIKIN BATIK

Cepu- Membuat kain batik, ternyata dapat merangsang kreativitas dan meningkatkan apresiasi terhadap seni tradisional nan eksotis. Hal ini, mendorong Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Excellent Edu Center mengajak anak-anak belajar membatik di waktu liburan sekarang ini.

 

Belajar membatik di LKP Excellent Edu Center, kompleks perumahan Griya Mustika Sejahtera Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora

 

“Tak hanya anak-anak yang ikut belajar membuat batik. Tetapi juga pelajar SMP atau SMA yang belajar di LKP ini. Mereka dilatih para tutor yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan membatik,” terang pemilik LKP Excellent Edu Center, Deddy Surya, Kamis (11/07).

Pelatihan membatik di LKP Excellent Edu Center yang berlokasi di kawasan kompleks perumahan Griya Mustika Sejahtera (GMS) Kecamatan Cepu Kabupaten Blora ini, telah berlangsung sejak Senin (08/07) kemarin.

“Rencananya, akan selesai tanggal 13 nanti. Dalam kegiatan ini, para peserta latihan membatik belajar bagaimana cara membuat pola, mencanting, mewarnai pola, blok warna dengan lilin, menguci warna dengan waterglass, dan melorod,” imbuh Dedi.

Melorod adalah tahapan pembuatan batik, dimana kain yang telah diwarnai tersebut akan dilarutkan lilinnya. Caranya, dengan merebus kain tersebut sehingga lilin yang ada akan larut. Setelah itu, kain akan dijemur hingga kering.

Tak hanya itu, sembari menunggu kain tersebut kering, anak-anak juga diajak berlatih ecoprint. Ecoprint merupakan salah satu metode mewarnai kain, dengan memanfaatkan kandungan warna alami pada tumbuhan yang ditumbuk, kemudian dikukus.

“Kain hasil karya para peserta, akan mereka bawa pulang. Tentunya, kita berharap anak-anak ini dapat mengenal seni batik khas Cepu sejak dini. Sehingga, nantinya mereka akan bangga dengan kekayaan budayanya sendiri,” komentar salah satu tutor pelatihan batik, Khoirul Anisa. (jay)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan