fbpx

NYARIS PUTUS, JALAN BEGANJING – TENGGER RUSAK TERGERUS AIR

Kondisi kerusakan jalan Beganjing – Tengger sebelum diurug Pemdes Beganjing bersama warga setempat.

Japah – Hujan deras yang terjadi dalam seminggu terakhir, mengakibatkan salah satu titik jalan di Desa Beganjing Japah mengalami kerusakan parah. Kerusakan ini, mengakibatkan kendaraan roda empat dengan muatan tidak dapat melewati jalan yang menghubungkan Desa beganjing dengan Desa Tengger ini.

 

Kondisi kerusakan jalan Beganjing – Tengger sebelum diurug Pemdes Beganjing bersama warga setempat.

 

“Penyebab kerusakan adalah gerusan air karena intensitas hujan cukup tinggi akhir-akhir ini. Air dari sawah juga mengalir di samping talud, kemudian menggerus talud tersebut sampai menuju jalan. Akibatnya, talud ambrol sampai jalan, kerusakannya sekitar tiga meter jika dihitung dari talud,” jelas Pengurus LPMD Beganjing Mulyanto, Senin (04/12).

Hari Minggu (03/12), Pemdes Beganjing bersama warga setempat berinisiatif melakukan pengurukan pada lokasi kerusakan supaya kendaraan dapat lewat dengan aman. Pasalnya, lokasi kerusakan yang hanya beberapa meter dari jembatan membuat kendaraan roda empat bermuatan sulit melewati jalan tersebut.

“Kendaraan roda empat bermuatan sulit lewat, jika tanpa muatan bisa lewat. Hanya saja harus hati-hati. Sehingga, dilakukan pengurukan dengan batu belah dan grosok supaya kendaraan aman melintas di ruas jalan ini,” lanjutnya.

Kendati pun telah diurug, Mulyanto mengakui jika terjadi hujan deras dalam beberapa hari ke depan bisa saja terjadi longsor susulan. Terkait respon Pemkab Blora terkait kerusakan di jalan kabupaten tersebut, pengurus LPMD Beganjing itu mengatakan telah dilakukan peninjauan dari DPUPR Blora kemarin.

Reporter : Jacko Priyanto