fbpx

PAGUYUBAN BARONGAN MUSTIKA AMARTA KAMABA RAMAI JADWAL MANGGUNG

  • Bagikan
Seniman Barongan Mustika Amarta Kamaba dalam sebuah penampilan di Yogyakarta

Yogyakarta – Kamaba (Keluarga Mahasiswa Blora) Yogyakarta memiliki cara unik untuk mengenalkan Kabupaten Blora di tanah perantauan. Penampilan Barongan Mustika Amarta Kamaba yang disuguhkan dalam seminggu terakhir, terbukti mampu menarik perhatian masyarakat Yogyakarta dan para turis di kota pelajar itu.

Sejak 2016, Paguyuban Barongan Mustika Amarta Kamaba Yogyakarta kerap tampil di sejumlah kesempatan. Dua tahun berturut-turut, Barongan yang dimainkan para mahasiswa asal Blora tersebut tampil di Dies Natalis UGM (Universitas Gadjah Mada).

 

Seniman Barongan Mustika Amarta Kamaba dalam sebuah penampilan di Yogyakarta

 

“Ini adalah kali kedua Paguyuban Barongan Mustika Amarta Kamaba Yogyakarta tampil di Nitilaku. Tahun kemarin, dalam rangka Dies Natalis UGM tahun 2016 kami juga ikut memeriahkan dengan membawa kesenian Barongan Blora,” ujar Koordinator Paguyuban Barongan Mustika Amarta Kamaba Yogyakarta Fahmi, Kamis (21/12).

Tak ayal, penampilan Barongan Mahasiswa yang mengesankan ini mengundang decak kagum para penonton. Sejumlah tawaran manggung dalam berbagai kesempatan pun berdatangan.

“Harapan kami, dengan adanya Paguyuban Barongan Mustika Amarta Kamaba Yogyakarta kami sebagai orang Blora bisa berkontribusi, khususnya di bidang kebudayaan untuk kemajuan Blora walaupun berada di tanah perantauan,” komentar Ketua Kamaba Yogyakarta Kholidi.

Kholidi menambahkan, Kamaba Yogyakarta telah menggelar sejumlah agenda yang didedikasikan untuk Blora. Diantaranya dengan menggelar Makrab dan Sarasehan dalam rangka HUT Kabupaten Blora ke- 268 dan mengenalkan Barongan Blora dalam sejumlah kesempatan.

“Selaras dengan slogan Hari Jadi Kota Blora yang ke-268, Blora Wis Wayahe Kuncara. Kamaba mencoba mengangkat salah satu kesenian khas dari Blora untuk diperkenalkan di Yogyakarta melalui Paguyuban Barongan Mustika Amarta Kamaba Yogyakarta,” pungkas Kholidi.

Reporter : Taufiqur Riza Subthy / Media Center Kamaba Yogyakarta

  • Bagikan