PARIPURNA MOLOR DAN GAGAL KUORUM, KETUA DPRD: KENDALA TEKNIS TAK BISA KAMI SAMPAIKAN!

Blora- Persetujuan bersama 3 rancangan peraturan daerah (Ranperda) dan penyampaian Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2018 oleh Bupati Blora Djoko Nugroho tidak jadi digelar. Pasalnya, jumlah anggota DPRD yang hadir tidak mencapai kuorum.

“Karena tidak kuorum, rapat paripurna DPRD untuk persetujuan tiga Ranperda tidak jadi dilaksanakan,”kata Ketua DPRD Blora, Bambang Susilo, seperti dikutip laman Blorakab.go.id, Kamis (13/06).

 

Rapat paripurna dengan agenda persetujuan bersama tiga ranperda.

 

Tak hanya itu, rapat paripurna dengan agenda persetujuan bersama tiga ranperda yang terdiri dariperubahan atas Perda nomor 9 tahun 2011 tentang pajak air tanah, perubahan atas Perda nomor 6 tahun 2012 tentang PBB Perkotaan dan Perdesaan, serta perubahan atas aturan daerah nomor 1 tahun 2013 tentang retribusi perijinan tertentu, juga molor hingga dua jam.

Padahal, dalam agenda ini, tidak hanya akan dilakukan persetujuan bersama terkait ranperda di atas. Tetapi juga, penyampaian Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2018 oleh Bupati Djoko Nugroho.

“Kami mohon maaf atas molornya rapat paripurna ini, karena ada kendala bersifat teknis yang tidak bisa kami sampaikan,” imbuh Bambang Susilo.

 

Dari 45 Anggota DPRD Blora, yang Hadir Hanya 25 Orang

Sebagai informasi, rapat paripurna DPRD akan sah jika dihadiri 2/3 dari jumlah keseluruhan anggota. Dalam agenda tersebut, dari 45 anggota DPRD Blora, yang hadir dalam paripurna tersebut hanya berjumlah 25 orang.

Banyak kalangan menduga, ketidakhadiran anggota DPRD Blora dalam rapat paripurna tersebut lantaran malas seiring tidak terpilih lagi menjadi anggota DPRD di Pemilu 17 April 2019 lalu. Dugaan ini segera ditepis Bambang Susilo.

Menurut Bambang, para anggota DPRD yang tidak hadir telah meminta izin karena sakit. Ada pula, yang meminta izin namun tidak disertai alasan. Sehingga, DPRD Blora akan melakukan penjadwalan ulang terkait rapat paripurna.

“Kami akan susun kembali jadwal pelaksanaan rapat Paripurna Persetujuan Bersama Tiga Ranperda di Badan Musyawarah (Banmus). Setelah itu barulah rapat paripurna bisa digelar lagi,” pungkas Bambang. (jay)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan