fbpx

PASANGAN SEDULUR SIKEP IKUTI NIKAH MASSAL

  • Bagikan
Kapolres Blora AKBP Kamis (16/11).Saptono bersama Dandim Blora yang diwakili Danramil Blora Kota Kapten Chb Rifa’i mengapit satu pasangan nikah masal,

Blora –  Sebanyak 15 pasangan mengikuti pernikahan massal yang digelar Polsek Blora Kota, Kamis (16/11). Dari 15 pasangan itu, 12 diantaranya merupakan penganut laku sikep samin. Kejadian ini tergolong langka, pasalnya penganut laku sikep sangat memegang teguh tradisi pernikahan adat. Yaitu, hanya melakukan ijab kabul dan tidak dicatat di KUA / kantor catatan sipil.

 

Kapolres Blora AKBP Kamis (16/11).Saptono bersama Dandim Blora yang diwakili Danramil Blora Kota Kapten Chb Rifa’i mengapit satu pasangan nikah masal,

 

Pernikahan massal ini digelar di Balai Desa Temurejo Blora Kota. Hadir dalam agenda ini, Kapolres Blora AKBP Saptono, Dandim Blora Letkol Inf Susilo diwakili Danramil Blora Kota Kapten Chb Rifa’i serta petugas dari KUA setempat.

Salah satu pasangan peserta pernikahan massal, Karjono (43) dan Supatri (38) mengungkapkan, untuk menyelesaikan administrasi pernikahan keduanya pasrah kepada perangkat desa setempat.

“Untuk surat nikah dan surat-surat lainnya kami minta tolong Pak Kamituwo Belik untuk mengurusnya,” ucapnya kepada Babinsa Temurejo Serda Suharto.

Kapolsek Blora Kota AKP Sudarno mengatakan, kesediaan 12 pasangan penganut Laku Sikep mengikuti pernikahan massal ini berkat kerja keras Bhabinkamtibmas setempat dalam melakukan pendekatan kepada mereka.

“Dua belas pasangan penganut Laku Sikep ini berasal dari Dukuh Belik. Sementara, tiga pasangan lainnya termasuk golongan tidak mampu. Ini semua berkat kerja keras Bhabinkamtibmas melakukan pendekatan kepada penganut Laku Sikep selama empat bulan,” ucap AKP Sudarno.

AKP Sudarno menambahkan, pasangan penganut Laku Sikep ini belum menikah secara resmi meski secara adat telah dinyatakan sah. Rata-rata, peserta pernikahan massal bersama Polsek Blora Kota ini berusia 40 tahun ke atas.

“Tidak ada agenda apapun. Ini merupakan wujud kepedulan kita terhadap kondisi masyarakat di wilayah hukum Polres Blora,” lanjutnya.

Reporter : Jacko Priyanto / Pendim 0721 Blora

 

  • Bagikan