fbpx

PECATUR BLORA ADU CEPAT BEREBUT JUARA

Pecatur Blora.

Blora, BLORANEWS – Pengurus Cabang Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Blora menyelenggarakan Kejuaraan Tingkat Kabupaten Catur Cepat Yunior Pelajar dan Senior Beregu.

Kejuaraan yang digelar di Lapangan Indoor SMPN 3 Blora, Minggu (17/12/2023) dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-274 Blora.

Juremi, Ketua Pelaksana Kejurkab Catur Cepat menjelaskan eberapa kategori yunior itu, bertujuan untuk mencari bibit – bibit muda dari tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas baik putra maupun putri, sementara untuk senior beregu juga dilaksanakan untuk ajang reuni para pecatur dari berbagai klub catur se Kabupaten Blora.

“Kejuaraan Kabupaten Blora ini, diikuti oleh lebih dari 50 pecatur yunior, dengan peserta terbanyak adalah dari kategori yunior putra SMP yaitu 27 putra – putri, kemudian yunior SD sebanyak 15 putra putri, untuk kategori yunior SMA hanya diikuti 8 pecatur putra dan putri, dengan sistem Swiss Fide,” terang Juremi.

Menurut Juremi, jumlah peserta yunior terus meningkat dari tahun sebelumnya, sehingga sangat potensi untuk dibina oleh Pengcab Percasi Blora

“Peserta yunior meningkat meskipun sempat molor dua jam, Kejurkab Catur Cepat Yunior dan Senior Beregu, dapat berjalan dengan tertib dan lancar, hingga usai,” ungkapnya.

Seluruh peserta dapat menjalani setiap sesi pertandingan yaitu 5 kali bertanding, hanya berhenti saat pukul 12.00 WIB, untuk istirahat, sholat dhuhur dan makan siang yang telah disediakan oleh Panitia Pelaksana Kejurkab Catur.

Dari tingkat SD Yunior tampak ada peningkatan dari peserta yang ikut bertanding untuk memperebutkan juara, dari SD Ngampon Beran dan SD Patalan, nampak antusias untuk mengikutinya, dengan didampingi pelatihnya masing – masing.

Sementara untuk Yunior SMP didominasi oleh peserta dari SMP Negeri 3 Blora, selain itu dari SMP Insan Gemilang dan SMPN 1 Blora yang menurunkan tiga pecatur andalannya.

Hal ini tentunya menggembirakan, untuk menjaring atlet – atlet catur dari kategori yunior, untuk memupuk prestasi di tingkat berikutnya yaitu senior, dengan kategori kelompok umur yang berbeda, sesuai dengan peringkat prestasi untuk diikutkan dipertandingan baik Propinsi, Nasional maupun Internasional.

Dari 5 kali pertandingan catur cepat tersebut, setiap peserta akan bertanding 10 menit dengan increment 3 menit, Dwi Suryo Fajar Nugroho, siswa kelas 5 SD Islam Baitunnur bertekad untuk meraih kemenangan di setiap pertandingannya, begitupun juga dengan Hatta Mardiko Nugroho, sang kakak yang ikut bertanding di kategori yunior putra SMP.

Tak ketinggalan untuk di kategori yunior putri SD, Shafa pun bertekad untuk memenangkan di setiap pertandingan yang akan dihadapinya. Sementara di tingkat SMA, Galank Kelvin, mewakili SMAN 1 Blora kembali bertemu dengan lawan bebuyutannya, yaitu Muhammad Royhan Firmansyah dari SMK Migas Cepu.

Hasil Kejurkab Catur Cepat, Juara 1 SD Putra Dwi Suryo Fajar Nugroho dari SDI Baitunnur.bJuara 1 SD Putri Shafa dari SDL Tempelan 1 Blora.

Juara 1 SMP Putra Fano dari SMPN 3 Blora. Juara 1 SMP Putri dari SMPN 3 Blora. Juara 1 SMA Putra M. Royhan dari SMK Migas Cepu. Juara 1 SMA Putri Meilana dari SMA Blora. (Dj)