fbpx

BLORA UPDATES PEDULI SOSIAL : KETIKA NETIZEN BERBAGI KECERIAAN

  • Bagikan
bakti sosial blora update
Anggota Blora Update saat foto bersama Guru MI Miftakhul Ulum karang tengah

Karangtengah ( 13/02/2016 ) Berdiskusi di dunia maya, bagi sebagian masyarakat kabupaten Blora merupakan kebutuhan pokok yang tidak boleh ditinggalkan. Berbagai tema di hadirkan di dunia maya, khususnya melalui berbagai jejaring sosial. Mulai dari berdiskusi tentang peristiwa politik, gosip dan isu terhangat, biro jodoh bahkan jual beli hilir – mudik dikunjungi oleh netizen ( baca : pecandu internet ) di Blora. Beberapa minggu yang lalu, salah satu grup publik Facebook di Blora menyelenggarakan Coffee Morning dengan Bupati Blora. Kenyataan inilah yang membuka mata kita tentang Blora saat ini, Kota dengan kecenderungan menggunakan media sosial yang tinggi.

 

bakti sosial blora update
Anggota Blora Update saat foto bersama Guru MI Miftakhul Ulum

 

Tidak hanya kegiatan semacam Coffee Morning yang diselenggarakan oleh para netizen di Blora, ragam kegiatan di “ dunia nyata “ lainnya pun tidak kalah menarik untuk diikuti. Sebut saja beberapa group facebook bertema hobi yang sering menyelenggarakan “ Kopi Darat “ di beberapa tempat. Melalui Kopi Darat itu, para penggemar group saling bertatap muka. Biasanya keakraban mereka di dunia maya tidak seperti keakraban mereka di “ dunia nyata “. Dalam beberapa kali Kopi Darat, reporter Bloranews.com berkenalan dengan wajah – wajah baru yang sebenarnya telah akrab di chatting facebook.

 

Firmansyah Blora Update
Firmasyah (kordinator) saat sesi permainan

 

Ada banyak group facebook yang menjadi trend di Kabupaten Blora. Beberapa diantaranya adalah Opini Blora, Info Blora dan Blora Updates. Masing – masing memiliki topik tertentu yang didiskusikan oleh para penggemarnya. Info Blora, selain menjadi website acuan informasi di Blora juga merupakan group facebook dengan banyak penggemar. Selain menyajikan informasi teraktual Blora, Admin Info Blora juga membuka topik untuk diskusi dengan tema yang luas. Saat ini jumlah penggemar grup Info Blora adalah 12.108 pengguna facebook.

 

MUrid mi miftahul ulum
Foto Bersama Murid MI Miftahul Ulum

 

Group facebook selanjutnya adalah Opini Blora. Group ini memiliki kecenderungan untuk mengangkat topik yang hangat dibicarakan publik Blora. Secara umum Admin Opini Blora tidak membatasi diskusi dengan tema – tema tertentu, dengan catatan tidak ada kegiatan tawar – menawar barang di group ini.

Dalam beberapa peristiwa di Blora, Opini Blora menjadi acuan tentang kebijakan – kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah. Seakan mewujudkan group ini sebagai media kontrol sosial, Opini Blora selalu menampilkan sisi lain dari kebijakan – kebijakan pemerintah Kabupaten Blora dan berbagai peristiwa di Blora. Sampai dalam suatu kesempatan, Group facebook Opini Blora melakukan Coffee Morning dengan Bupati Blora untuk membicarakan tentang Blora dan berbagai dialektikanya. Saat ini, grup Opini Blora memiliki penggemar sebanyak 6797 pengguna facebook dan dikelola oleh 5 pengurus.

 

pembagian Al qur an
Pembagian Juz ama dan Alqur’an dalam rangkaian bakti sosial

 

Group facebook terakhir yang menarik untuk diikuti di Blora adalah Blora Updates. Group publik Blora ini memiliki 18.583 anggota dan 7 pengurus. Pagi tadi ( 13/02/2016 ) para pengguna facebook yang bergabung di Blora Updates menyelenggarakan Peduli Sosial. Dengan pembiayaan “ patungan “ oleh banyak anggota Blora Updates di Kota Blora dan di luar kota terkumpul dana yang cukup untuk menyelenggarakan kegiatan ini.

Peduli Sosial ini diselenggarakan di Madrasah Ibtidaiyyah ( MI ) Miftahul Ulum Desa Karangtengah Kecamatan Ngawen. Di MI Miftahul Ulum, para anggota Blora Updates bermain bersama anak – anak, dan menyampaikan motivasi kepada mereka untuk tetap semangat. Ekspresi malu – malu tampak dari wajah para pelajar ini.

 

motifasi siswa MI Miftahul Ulum
Anggota Blora update saat memberikan motifasi siswa MI Miftahul Ulum

 

Firmansyah ( 30 ) salah satu pengurus Blora Updates menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan tersebut, terutama kepada para anggota Blora Updates di Blora dan di luar Blora.

“  Kami ( para admin Blora Updates ) menyampaiakan terima kasih atas bantuan semua pihak sehingga kegiatan peduli sosial dapat terlaksana dengan lancar, kami berharap Blora Updates dapat menyelenggarakan kegiatan seperti ini tiap bulan “ tutur Firman

Selain melakukan kegiatan peduli sosial di MI Miftahul Ulum Ngawen, Blora Updates juga telah menyelenggarakan penggalangan bantuan untuk korban banjir di menden baru – baru ini.

“ Semoga agenda seperti ini dapat melahirkan kembali jiwa peduli kepada sesama, pada anggota Blora Updates lebih – lebih kepada masyarakat Kabupaten Blora “ lanjut Firman.

Keberadaan netizen di Blora merupakan fenomena yang memiliki keunikan tersendiri. Selain sebagai pengguna bebas internet, para netizen ini dalam hal tertentu juga menjadi para pengontrol kebijakan yang ada di masyarakat, bahkan menjadi inspirasi bagi warga Kabupaten Blora untuk berbagi dan peduli.

Reporter          : Aliph Bengkong II

Fotografer        : Aliph Bengkong II

banner 120x500
  • Bagikan