fbpx

PEMBANGKIT LISTRIK CIPTAAN TIM SMK N 1 BLORA DIPASANG DI SEJUMLAH TEMPAT WISATA JATENG

  • Bagikan
Kepala UPP Iptekin Bappeda Jateng, Hatta Hatnansya Yunus (kiri) bersama miniatur Omset Pintar di kantor Bappeda Jateng.

Blora – Pembangkit listrik tenaga angin dan matahari bernama Omset Pintar, karya tim SMK Negeri 1 Blora telah dipasang di sejumlah obyek wisata di Jawa Tengah. Di Blora, alat ini dipasang di kawasan wisata Bukit Cengklik Todanan, dan Waduk Greneng Tunjungan.

Omset Pintar, merupakan akronim dari kata omah setrum (rumah listrik –red) Pintar. Alat ini berbentuk gazebo yang pada bagian atasnya terdapat kincir angin sumbu vertikal dan dilengkapi dengan empat panel surya berkekuatan 20 watt.

 

Kepala UPP Iptekin Bappeda Jateng, Hatta Hatnansya Yunus (kiri) bersama miniatur Omset Pintar di kantor Bappeda Jateng.

 

Guru pembimbing SMK Negeri 1 Blora, Noer Chanif, mengungkapkan, tujuan pembuatan alat ini adalah untuk menunjang ketersediaan listrik di tempat wisata yang ada di Kabupaten Blora. Mengingat, banyak tempat wisata Blora yang berada di tengah hutan.

“Sebagian besar tempat wisata di Blora berlokasi di tengah hutan, atau pegunungan yang jauh dari pasokan energi listrik dan tempat peristirahatan yang memadai. Dengan produk ini, kami ingin mendukung geliat pariwisata Blora,” ujarnya, Senin (03/09).

Terpisah, Kepala UPP Iptekin Bappeda Jateng, Hatta Hatnansya Yunus mengapresiasi alat pembangkit listrik yang memenangkan kompetisi Kreanova 2017 ini. Hatta mengatakan, alat ini telah terpasang di sejumlah obyek wisata di Jateng.

“Misalnya di Waduk Greneng Blora, Bukit Cenglik Blora, Kolam Pemancingan Grabag, Rest area jalur Blora-Semarang, dan rencananya juga di Banjarnegara,” katanya, seperti dikutip Tribun.

Reporter : Imanan

  • Bagikan