fbpx
Adv  

PEMBANGUNAN JUT BERMANFAAT BAGI PETANI DESA GERSI

Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) di Desa Gersi, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora.

Jepon, BLORANEWS – Pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) di Desa Gersi, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora disambut dengan senang hati dan ucapan syukur oleh warga (petani) setempat, sebab bisa memperluas daya jangkau distribusi hasil pertanian serta meningkatkan pendapatan petani.

“Alhamdulillah, dibangun jalan usaha tani di Desa Gersi, mempermudah akses untuk menjangkau areal pertanian di desa Gersi,” kata Suntoro, warga setempat, Rabu (24/5/2023).

Ungkapan senada disampaikan warga desa Gersi lainnya, Suparno, Sakijan dan Deni. Menurutnya, dengan dibangunnya jalan usaha tani dapat membantu petani meningkatkan hasil panennya serta lebih mudah dalam mengangkut hasil panen.

“Kalau jalan bagus tentu alat transportasi roda empat akan berani ke lahan pertanian, selama ini kalau roda empat berani ke lahan pertanian hanya saat panas, tapi kalau musin penghujan tentu tidak berani karena cukup licin dan sangat membahayakan,” kata Deni.

Kepala Desa Gersi Dinal Candra Jim Stark menjelaskan, mayoritas penduduknya petani, maka Pemerintah Desa akan terus berusaha memfasilitasi sektor pertanian ditandai dengan penggunaan alat mesin pertanian. Agar dapat menjangkau areal persawahan, maka diperlukan akses berupa jalan usaha tani agar alat mesin pertanian dapat dioperasionalkan.

“Jalan usaha tani ini akan mempermudah akses untuk menjangkau areal pertanian. Jalan pertanian ini akan memutus cost produksi yang besar dan memberi banyak manfaat untuk petani,” jelasnya.

Dengan demikian, salah satu hal penting yang tengah diupayakan oleh Pemerintah Desa Gersi adalah pembangunan infrastruktur pertanian berupa Jalan Usaha Tani (JUT) atau jalan pertanian.

Kades Gersi menerangkan, pada tahun 2022 telah dibangun JUT yang menghubungkan akses jalan menuju desa Balong, dengan anggaran dari Banprov senilai Rp200 juta. Kemudian di tahun 2023 dibangun JUT dari alokasi Dana Desa (APBN) sebesar Rp138.102.000 untuk panjang 221 meter yang berlokasi di RT 03/RW 01.

“Untuk JUT tahun ini masih dikerjakan pembangunannya,” ucap Kades Gersi.

Dijelaskannya capaian pembangunan infrastruktur desa sebagaimana visi misi selama menjdi Kepala Desa Gersi telah terwujud 90 persen, meliputi pavingisasi jalan, drainase, talud, sanitasi, jamban, pamsimas, SPAM dan bedah rumah, yang anggarannya bersumber dari Dana Desa, Bantuan Kabupaten dan Bantuan Provinsi.

“Termasuk ada program TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2017. Selain itu juga telah dibangun sarana olahraga,” tambahnya.

Capaian itu, kata Dinal Candra Jim Stark, seirama dengan visi misi Bupati Blora dengan tagline Sesarengan mBangun Blora.

“Hanya saja, kami butuh anggaran lagi untuk pembangunan embung, semoga Pak Bupati Blora berkenan untuk memberikan bantuan anggaran,” harapnya serius. (Teguh)