PEMKAB BLORA WACANAKAN NAIKKAN UMK BLORA

Blora – Dewan Pengupahan kabupaten Blora dalam rangka memenuhi kesejahteraan pekerja Blora melalui dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja kabupaten Blora mempersiapkan bahan rekomendasi tentang besarnya upah minimun yang akan diberlakukan di Blora untuk tahun 2018 kepada Gubernur.

Kepala dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja melalui bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial, mengatakan bahwa kenaikan UMK itu berdasarkan upah yang berjalan ditambah inflasi nasional dan pertumbuhan ekonomi. Dari semua itu, rata-rata 8,25 persen.

 

PEMKAB BLORA WACANAKAN NAIKKAN UMK BLORA

Zukhri, Kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Blora. Foto : Bloranews

 

Namun sebelumnya, melalui lembaga Tripartit yang selama ini berjalan meskipun kurang aktif akan dijalankan sesuai PP 78 yaitu komunikasi dan konsultasi antara pemerintah, pengusaha dan pekerja.

Ia menambahkan bahwa salah satu bahan rekomendasi dalam kenaikan UMK adalah hasil survey KHL. Kendala dalam merumuskan bahan rekomendasi kenaikan UMK adalah bahwa sebelum adanya PP 78 tentang pengupahan, survey KHL diadakan tiap bulan sekali. Namun setelah adanya PP 78, peninjauan kembali survey KHL hanya dilakukan satu kali dalam lima tahun.

Selain itu, kabid Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial, Zukhri menambahkan bahwa Dewan Pengupahan dipimpin langsung oleh kepala dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja yang melibatkan Sarekat Pekerja Blora akan berusaha semaksimal mungkin untuk kenaikan UMK.

Namun ia juga mengatakan bahwa kesejahteraan pekerja tidak hanya bergantung pada pemerintah saja. Namun, di masing-masing Sarekat Kerja juga harus berjuang menghasilkan perjanjian kerja sama antara pekerja dan  pengusaha. Dengan demikian akan berimbang antara kebijakan pemerintah dengan perusahaan dalam hal ini tentang kesejahteraan pekerja.

Reporter : Jacko Priyanto

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.