fbpx

PEMPROV JATENG TERIMA PENGHARGAAN GREEN LEADERSHIP NIRWASITA TANTRA

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berhasil menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan tersebut diraih setelah Pemprov Jateng berhasil menduduki peringkat pertama kategori pemerintah provinsi. Diatas Pemprov Jabar dan Jatim yang berada di urutan kedua dan ketiga.
Gubernur Ganjar menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021.

Jakarta, BLORANEWS – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berhasil menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan tersebut diraih setelah Pemprov Jateng berhasil menduduki peringkat pertama kategori pemerintah provinsi. Diatas Pemprov Jabar dan Jatim yang berada di urutan kedua dan ketiga.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang menerima langsung penghargaan tersebut mengatakan, prestasi ini diraih berkat kontribusi nyata para pelaku dan aktivis lingkungan.

BACA JUGA :  JATENG PROVINSI TERBAIK LAYANAN INVESTASI, JOKOWI : LAYANI INVESTOR DENGAN BAIK

“Saya kira ini penghargaan untuk mereka pelaku atau aktivis yang bergerak menyelamatkan lingkungan terus kemudian ia menginisiasi sampai pada kemudian pembuatan kebijakan. Saya mewakili mereka untuk menerima saja. Terima kasih untuk masyarakat, OPD, dan DPRD yang membantu,” ucapnya, Rabu (20/7) di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Terpisah, Direktur Jenderal (Dirjen) Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan KLHK, Bambang Supriyanto mengatakan, Nirwasita Tantra ini diberikan kepada pemerintah kabupaten, kota, provinsi, serta legislatif.

BACA JUGA :  202.988 HEKTAR LAHAN HUTAN JATENG MASUK KHDPK

“Leadership itu menjadi kunci untuk penyelamatan LHK. 90 persen ditentukan oleh ketokohan. Dari sisi kebijakan dan juga untuk kebijakan implementasinya. Kalau di daerah indikatornya itu indeks kualitas lingkungan hidup, ada empat instrumen yang diukur. Instrumen kebijakan dan implementasi kebijakan,” terangnya.

Adapun pemerintah daerah yang mendapat penghargaan Nirwasita Tantra 2021 ialah, Kabupaten Sukoharjo untuk kategori kabupaten sedang, Kabupatèn Banyumas untuk kategori kabupaten besar, Pemkot Magelang untuk kategori kota kecil, serta DPRD Jawa Tengah untuk kategori DPRD Provinsi.

BACA JUGA :  RATUSAN DESA DI JATENG DIDAPUK SEBAGAI KAMPUNG PROKLIM

Selain Nirwasita Tantra 2021, KLHK juga memberikan penghargaan Kalpataru 2022. Penghargaan Kalpataru diberikan kepada 10 pahlawan lingkungan di seluruh Indonesia. Mereka terbagi dalam kategori perintis, pengabdi, penyelamat, dan pembina. (Kin).