PENDARATAN PERDANA BERJALAN MULUS, PENANTIAN 34 TAHUN TERBAYAR LUNAS

Cepu- Setelah sempat tertunda lebih dari 3 jam, pendaratan perdana pesawat terbang di Bandar Udara (Bandara) Ngloram akhirnya berlangsung mulus. Pesawat King Air PK-CAC yang ditumpangi rombongan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendarat di landasan pacu tepat pukul 16.31 WIB sore ini, Sabtu (11/01).

 

Pendaratan perdana pesawat King Air PK-CAC yang mengangkut rombongan Kemenhub RI tiba di Bandara Ngloram Cepu, Kabupaten Blora

Pendaratan perdana pesawat King Air PK-CAC yang mengangkut rombongan Kemenhub RI tiba di Bandara Ngloram Cepu, Kabupaten Blora

 

Di lokasi, rombongan Kemenhub RI segera disambut Wakil Bupati Blora Arief Rohman dan jajaran Forkompimda setempat yang telah bersiap sejak siang hari tadi. Masyarakat yang juga menanti pendaratan perdana segera mendekati pesawat tersebut dan mengabadikan momen bersejarah ini.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kemenhub RI, Polana B Pramesti mengatakan, uji coba pendaratan merupakan prosedur yang harus dilakukan di setiap bandara sebelum beroperasi secara resmi.

“Pak Menteri tidak dapat hadir karena jadwalnya sangat padat. Ini diproyeksikan untuk penerbangan domestik,” terangnya.

Diketahui bersama, Bandar Udara Ngloram (dulu Lapangan Terbang Ngloram atau Ngloram Air Strip) sempat beroperasi pada dekade ’80-an. Saat itu, bandara ini merupakan tempat pendaratan pesawat yang mengangkut pengajar dan periset Migas Cepu.

Setelah beberapa tahun, Bandara Ngloram berhenti beroperasi dan mangkrak selama lebih dari 34 tahun. Reaktivasi Bandara Ngloram dimulai pada awal 2019 lalu dan sempat direncanakan uji coba di akhir 2019. Setelah menghadapi berbagai kendala teknis, landing perdana hari ini pun berjalan mulus.

“Saat ini, telah dibangun landasan pacu sepanjang 1200 meter. Ini bisa digunakan untuk pesawat PR-72 terbatas. Untuk kekurangannya, masih harus dibangun terminal, lampu, dan perlengkapan navigasi. Apron juga belum selesai. Akhir tahun nanti semoga bisa beroperasi,” pungkas Polana. (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan