PENDERITA GANGGUAN JIWA DI KRADENAN JALANI CEK KESEHATAN

Kradenan- Puluhan penderita gangguan jiwa di Pesantren Darul Hakim, Dusun Tambak Desa Sumber Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora menjalani pemeriksaan kesehatan. Tak hanya itu, mereka juga menjalani pengecekan tensi darah dan berat badan, Rabu (30/10).

 

Seorang penderita gangguan jiwa di PP Darul Hakim sedang menjalani pemeriksaan kesehatan

Seorang penderita gangguan jiwa di PP Darul Hakim sedang menjalani pemeriksaan kesehatan

 

Dari sebanyak 25 penderita gangguan jiwa yang menjalani pemeriksaan kesehatan, terdapat beberapa keluhan. Diantaranya pusing, mual, susah tidur, gatal-gatal, dan beberapa pasien juga mengeluhkan sesak nafas.

Setelah dilakukan pemeriksaan, sejumlah penderita gangguan jiwa ini teridentifikasi mengalami gejala darah tinggi, Infeksi Saluran Pernafasan (Ispa), dan beberapa penyakit yang timbul akibat perubahan cuaca belakangan ini.

Tenaga kesehatan Puskesmas Menden Kecamatan Kradenan, Ester Puji Utami mengungkapkan, tidak mudah melakukan pemeriksaan kepada penderita gangguan jiwa. Tak jarang, mereka harus dirayu terlebih dahulu supaya mau diperiksa.

“Supaya manut (menuruti petugas, red), kadang kita beri jajan. Harus maklum, namanya juga sakit jiwa. Jadi sak kepenake dewe (bertingkah semaunya),” kata Ester.

Lebih lanjut, Ester menambahkan, pemeriksaan kesehatan untuk penderita gangguan jiwa tersebut, merupakan bagian dari program kesehatan jiwa Puskesmas Menden yang secara rutin digelar satu bulan sekali.

Dalam kesempatan yang sama, pengasuh Pesantren Darul Hakim, Kyai Ahmad Mustain mengatakan tidak hanya orang gila saja yang ia tampung di pesantren ini. Ada juga mantan pemakai obat-obatan terlarang, serta gelandangan yang terjaring razia.

“Di sini itu semuanya ada mas, mulai dari orang gila, mantan pemakai obat-obatan bahkan hasil  garukan (razia) dari dinas sosial juga saya tampung,” pungkasnya. (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan