fbpx

PENGUSULAN GELAR PAHLAWAN NASIONAL POCUT MEURAH INTAN DIPERCEPAT

Pengusulan gelar pahlawan nasional dan pemuliaan makam Pocut Meurah Intan yang ada di Kabupaten Blora kian menguat. Pasalnya, upaya percepatan senantiasa dilakukan oleh jajaran Pemkab Blora dan Pemprov Aceh.
Pemkab Blora melakukan kunjungan ke Pemprov Aceh.

Aceh, BLORANEWS – Pengusulan gelar pahlawan nasional dan pemuliaan makam Pocut Meurah Intan yang ada di Kabupaten Blora kian menguat. Pasalnya, upaya percepatan senantiasa dilakukan oleh jajaran Pemkab Blora dan Pemprov Aceh.

Terbaru, Bupati Blora Arief Rohman beserta rombongan melawat ke Aceh guna mendiskursus upaya tersebut. Lawatan itu dilaksanakan selama dua hari medio 14-15 Juni 2022.

Dalam lawatan itu, Bupati Arief menyebut bahwa Aceh dan Blora memiliki hubungan erat dengan adanya Pocut Meurah Intan. Untuk itu, Pemprov Aceh dan Pemkab Blora sepakat untuk memuliakan makamnya sekaligus mengusulkan ke Pemerintah Pusat menjadi Pahlawan Nasional.

BACA JUGA :  GANJAR DAN MAHASISWA ACEH INISIASI RAWAT MAKAM POCUT MEURAH INTAN DI BLORA

“Yang jelas saat ini Tim khusus telah terbentuk dari lintas OPD. Harapannya ke depan Makam Pocut bisa menjadi daya tarik wisata religi di Kabupaten Blora,” jelas Bupati.

Tak hanya itu, Bupati Arief juga mengungkapkan bahwa makam anak dari Pocut Meurah Intan kini telah ditemukan.

“Kita juga telah menemukan makam anaknya. Mungkin, nanti makam anaknya itu bisa diupayakan untuk dijadikan satu komplek, atau bagaimana,” tambahnya.

BACA JUGA :  KENANG PAHLAWAN, PRAMUKA IGADA TABUR BUNGA DI TMP

Dalam hal ini, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasi langkah Pemkab Blora yang telah konsisten mengusulkan gelar pahlawan nasional untuk Pocut Meurah Intan.

“Terimakasih Pak Bupati dan rombongan yang telah hadir ke Aceh. Dengan adanya perjanjian kerjasama ini, InshaAllah kita dari Aceh akan siap membantu pembangunan komplek makam Pocut Meurah Intan,’’ jelasnya.

BACA JUGA :  POTJUT MEURAH INTAN : SINGA BETINA YANG TERBARING DI KOTA MUSTIKA

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil bupati Blora Tri Yuli Setyowati, Sekda Komang Gede Irawadi, dan beberapa OPD terkait. Dari Pemprov Aceh, hadir Sekda Aceh Taqwallah, Asisten Adm Umum Iskandar AP, Kadisbudpar Jamaludin, Kepala Biro Adpim Muhammad Iswanto, Kepala Biro Umum T Adi Darma, dan sejumlah OPD terkait. (Ads).