fbpx

PENUMPASAN PKI DI BLORA : TEMPAT EKSEKUSI SIMPATISAN PARTAI KOMUNIS DI BLORA

  • Bagikan
jati denok pasar sore
foto : Kawasan Pasar Sore kecamatan Sambong menjadi tempat berlangsungnya eksekusi terhadap simpatisan partai komunis di Blora

jati denok pasar sore

 

Blora- Penangkapan terhadap para simpatisan partai komunis di Blora dirangkai dengan eksekusi yang harus diterima oleh mereka. Dalam buku Tanah Berdarah di Bumi Merdeka, para simpatisan partai komunis yang berhasil diamankan dibagi dalam tiga golongan. Golongan-golongan ini menunjukkan bobot keterlibatannya di PKI dan eksekusi yang diterima.

Berikut ini beberapa catatan tentang eksekusi anggota partai komunis di Blora.

  1. Anggota PKI yang berhasil diamankan oleh petugas akan di data dan kemudian digolongkan menjadi golongan A (dihukum mati di Blora), golongan B (dibuang ke Nusakambangan atau Pulau Buru) dan golongan C (ditahan di Blora sampai akhir masa penahanan).
  2. Tidak semua yang diadili di Blora adalah anggota PKI asli Blora. Sejumlah anggota PKI dari Grobogan, Pati, Semarang, Kudus dan Rembang juga dieksekusi di Blora. Dari perkiraan yang dilakukan oleh tim investigasi LPAW jumlah anggota PKI yang dieksekusi di Blora paling sedikit 400 orang dan paling banyak 4500 orang.
  3. Eksekusi terhadap golongan B dan golongan C tidak banyak metode yang digunakan. Karena golongan B langsung diberangkatkan ke Nusakambangan dan Pulau Buru sedangkan golongan C langsung dikurung dalam pengawasan militer.
  4. Eksekusi golongan A menggunakan beberapa metode. Metode pertama adalah diberondong dengan senapan ketika anggota PKI tersebut turun dari truk, metode kedua adalah ditikam dengan belati di tenggorokan terhukum, dan metode ketiga adalah ditembak pada kepala bagian belakang.
  5. Dalam beberapa eksekusi, anggota PKI dipaksa membuat lobang seukuran tubuhnya sebagai tempatnya dikuburkan setelah dieksekusi.
  6. Sejumlah tempat eksekusi yang berhasil diidentifikasi adalah Kalidari dan Bendo desa Nglanjuk kecamatan Cepu, di tepi sungai Bengawan Solo. Kaliwedi desa Kapuan kecamatan Cepu, Bongbunder kawasan Pasar Sore kecamatan Sambong dan desa Kedungwaru kecamatan Kunduran juga menjadi tempat dilaksanakannya eksekusi anggota PKI ini [.]

Editor        : Sahal Mamur

Foto           : Az Zulfa

Sumber : Buku Tanah Berdarah di Bumi Merdeka oleh Dalhar Muhammadun

 

Baca juga :

SEPTEMBER KELAM DI BLORA : CATATAN SEJARAH PERISTIWA SEPTEMBER 1965 DI BLORA

PENUMPASAN PKI DI BLORA : KRONOLOGI DARI PENUMPASAN SPORADIS SAMPAI PENUMPASAN TERORGANISIR

DALHAR MUHAMMADUN : PENULIS TANAH BERDARAH DI BUMI MERDEKA

PENUMPASAN PKI DI BLORA : ALASAN DAN TOKOH-TOKOHNYA

banner 120x500
  • Bagikan