PENYALURAN BPNT AKAN BERLANGSUNG PADA OKTOBER MENDATANG

Blora – Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) memastikan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) akan disalurkan bulan Oktober mendatang. Penyaluran ini lebih cepat dari rencana sebelumnya, yakni Januari 2019.

”Mulai Oktober, BPNT akan digulirkan. Hanya saja mungkin bukan pada awal bulan, melainkan pertengahan hingga akhir Oktober,” jelas Kepala Dinsos PPPA, Sri Handoko, seperti dikutip Suara Merdeka, Selasa (28/08).

 

Rakor Percepatan Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai di aula Kantor Bupati Blora, Senin (27/08).

 

Menurut Sri Handoko, waktu penyaluran ini tergantung pencairan dana yang akan dilakukan oleh pemerintah pusat, melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI kepada masing-masing KPM.

“Tergantung pencairan dana bantuan atau transfer dana ke masing-masing KPM oleh pemerintah pusat,” lanjutnya.

Sebelumnya, Pemkab Blora menggelar rapat koordinasi (rakor) percepatan penyaluran BPNT di aula kantor Bupati Blora. Rakor ini dihadiri pihak terkait yang meliputi Polres Blora, Kejaksaan Negeri Blora, Bulog dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yaitu BNI.

Sri Handoko menambahkan, dalam program BPNT, pemerintah pusat menyalurkan bantuan kepada KPM melalui akun elektronik bernama e-Wallet. E-Wallet dapat digunakan untuk melakukan pembelian bahan pangan di e-Warung.

E-Warung tersebut, akan tersebar di sejumlah desa di Kabupaten Blora. Penentuan e-Warung ini, akan dilakukan oleh pihak perbankan yang ditunjuk pemerintah dalam program ini. “Pihak perbankan yang akan menentukan layak tidaknya penentuan e-Warung,” tambahnya.

Sri Handoko memastikan, dalam waktu dekat Dinsos PPPA Blora akan turun ke kecamatan dan desa untuk menyosialisasikan akan dimulainya program BPNT.

Reporter : Ika Mahmudah

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.