PERAJIN BATIK ASAL BLORA TERIMA SERTIFIKAT PROFESI DARI JOKOWI

Surakarta- Perajin batik Blora, Yanik Mariana (49) menjadi salah satu perajin batik yang menerima sertifikat profesi dari Presiden Jokowi. Prosesi penyerahan ini berlangsung dalam rangkaian Peringatan Hari Batik Nasional 2019 di Pura Mangkunegaran, Surakarta.

 

Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat profesi batik di Pura Mangkunegaran Surakarta

Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat profesi batik di Pura Mangkunegaran Surakarta

 

“Kaget, senang, bercampur bangga. Agak grogi juga karena berdiri di depan para tamu negara dan menerima sertifikat dari Pak Jokowi,”kata Yanik Mariana, Rabu (02/10).

Yanik Mariana menambahkan, sebulan sebelumnya, dirinya bersama sejumlah perajin batik se Jawa Tengah mengikuti tahapan sertifikasi profesi batik yang diselenggarakan Badan Nasional Sertifikasi Profesi kerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), di Jepara.

Dalam sertifikasi tersebut, Yanik Mariana dinyatakan lolos dan berhak menerima sertifikat profesi batik. Ternyata, penyerahan sertifikat tersebut dilaksanakan pada peringatan Hari Batik Nasional dan diserahkan oleh Presiden RI secara langsung.

“Tidak saya bayangkan sama sekali kalau bakal ketemu dan bertatap muka langsung dengan Pak Jokowi. Tadi saya bilang maturnuwun Bapak, sambil berjabat tangan,” pungkas Yanik Mariana yang juga pemilik galeri batik Nimas Barokah yang terletak di Beran, Blora Kota tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi mengatakan, dewasa ini batik semakin menjadi trend di masyarakat. Kebanggaan mengenakan batik tak hanya dirasakan masyarakat nusantara, tapi juga telah menjadi fashion style kelas dunia.

“Melalui peringatan Hari Batik Nasional ini, kita menggugah kembali komitmen kita terhadap batik Indonesia. Komitmen untuk terus melestarikan batik,” pesan Jokowi dalam sambutannya. (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.