fbpx

PERAYAAN SURO DI PERTAPAAN WRINGIN SETO

  • Bagikan
Syukuran Suro digelar di Pertapaan Wringin Seto, Sabtu (07/10).

Jepon – Syukuran Suro digelar di Pertapaan Kekadangan Wringin Seto, Sabtu (07/10). Pertapaan Kekadangan Wringin Seto terletak di Desa Soko Kecamatan Jepon. Berbagai acara digelar, mulai dari Penampilan Barongan dan Barongsai, Royokan Ambengan, Wayangan sampai Jamasan.

 

Syukuran Suro digelar di Pertapaan Wringin Seto, Sabtu (07/10).

 

Perayaan Suro di Pertapaan Wringin Seto dihadiri oleh Ign Untung Sadimen Ketua Kekadangan Wringin Seto, Eka Agus Tijanabudi Penuntun Kekadangan Wringin Seto dan para anggota penghayat kepercayaan. Dalam acara malam itu, dibacakan semacam ikrar Kekadangan Wringin Seto yang menekankan pada nasionalisme.

“Penghayat Kepercayaan menjunjung tinggi kehormatan dan martabat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila. Penghayat Kepercayaan manusia susila, berbudi pekerti luhur dan penuh cinta kasih kepada sesama kita membela kebenaran, kejujuran dan keadilan. Penghayat kepercayaan Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe demi Memayu Hayuning Bawono seisinya,” ucap Ign Untung Sadimin dalam pembacaan Ikrar ditirukan para anggota kekadangan.

Eyang Kusuma Soeryaningrat Soewardi merupakan sesepuh Kekadangan Wringin Seto, dan kini kekadangan ini dilanjutkan oleh para penerusnya.

Berthdigna Devi Surya Kusuma, cucu sesepuh Kekadangan Wringin Seto mengatakan agenda ini dilaksanakan rutin tiap tahun.

“Rutin dilakukan tiap tanggal 15 Suro dalam kalender Jawa. Siang hari kemarin, ada penampilan Barongan dan Barongsai. Kemudian, malam hari ada pembacaan doa syukuran kemudian Wayangan dan Jamasan,” papar Berthdigna Devi yang juga merupakan atlet Blora juara Panjat Tebing ini, Minggu (08/10).

Setelah doa syukur, dilanjutkan dengan royokan (berebut) makanan yang telah didoakan. Agenda dilanjutkan dengan pementasan Wayang Kulit, dan Jamasan (Siraman / ritual mandi adat) menjadi acara penutup perayaan Suro di Pertapaan Wringin Seto.

 

Reporter : Abdul Malik

  • Bagikan