PERESMIAN KOMPLEKS MAKAM DIGELAR PADA PUNCAK HAUL SUNAN POJOK

Blora – Peresmian kompleks Makam Sunan Pojok akan digelar bersamaan dengan puncak perayaan Haul Sunan Pojok hari Selasa (17/10) depan.  Kompleks Makam Sunan Pojok dulunya dikenal dengan nama Makam Gedong Ageng merupakan salah satu cagar budaya Blora, terletak di Jalan Mr. Iskandar 1/1 Kota Blora.

 

Kompleks Makam Sunan Pojok di jalan Mr. Iskandar 1/1 Blora Kota.

“Peresmian akan dilakukan langsung oleh Bupati Djoko Nugroho dengan penandatanganan prasasti, bersamaan dengan pengajian akbar dalam rangka Haul Sunan Pojok. Sehingga momentumnya pas, bisa disaksikan oleh ribuan jamaah,” ucap Drs. Kunto Aji seperti dikutip Humas Setda Blora, Kamis (12/10).

Proyek penataan kawasan wisata sejarah dan wisata religi, Makam Sunan Pojok Blora yang dilaksanakan oleh Dinporabudpar (Dinas Kepemudaan Olahraga, Kebudayaan dan Priwisata) sudah memasuki tahap finishing.  Penataan kawasan Makam Sunan Pojok ini didanai dari APBD Kabupaten tahun 2017 sebesar Rp 833 Juta yang dikerjakan oleh rekanan CV. Lumintu Jaya sejak awal Juni lalu.

Sejumlah titik yang dilakukan penataan ulang antara lain, pembangunan joglo utama untuk para peziarah, pembangunan gapura utama makam, pagar, penataan tempat wudhu dan penambahan beberapa ornamen hiasan dan penataan lampu penerangan.

Untuk diketahui, Peringatan Haul Sunan Pojok Blora digelar mulai hari Senin (16/10) dengan agenda Khotmil Qur’an Bin Nadhor dan Buka Kelambu Makam. Hari Selasa (17/10) mulai pukul 06.00 WIB digelar Khotmil Qur’an Bil Ghoib.

Selasa (17/10) pukul 13.30 WIB digelar Tahlil Umum dan Tausyiah oleh KH Abdul Wahid dari Tayu – Pati, dan puncak haul digelar pukul 20.00 WIB dengan agenda Pengajian Akbar dengan tausyiah oleh KH Agus Ali Masyhuri dari Pesantren Bumi Sholawat Tulangan Sidoarjo. Sesaat sebelum tausyiah, akan dilaksanakan peresmian kompleks Makam Sunan Pojok oleh Bupati Blora.

Reporter : Abdul Malik / Humas Setda Blora

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.