fbpx

PERINGATAN HARI PRAMUKA KE 56 TINGKAT KABUPATEN BLORA

  • Bagikan
Peringatan HUT Pramuka ke- 56 di Lapangan Kridaloka Jepon, Senin kemarin (21/08).

Blora – Peringatan Hari Pramuka ke 56 yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2017 baru diperingati Kwartir Cabang Blora pada hari Senin (21/08) di lapangan Kridaloka Kecamatan Jepon berupa upacara bendera, atraksi ketrampilan anggota Pramuka, pemberian penghargaan kepada penggiat Pramuka dan donor darah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Blora selaku Kamabicab, Wakil Bupati Blora selaku Kakwarcab, Sekda Blora, Wakapolres Blora serta pengurus Kwarcab, Kamabiran, Kakwaran, dan Kepala OPD se Kabupaten. Adapun peserta upacara adalah Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.

 

Peringatan HUT Pramuka ke- 56 di Lapangan Kridaloka Jepon, Senin kemarin (21/08).

 

Dari Kantor Lurah Jepon Bupati Blora diarak menaiki kuda dengan kesenian barongan dari Mts Negeri Jepon menuju lapangan Kridaloka yang digunakan sebagai lokasi upacara bendera. Sesampainya di lapangan, rombongan Kamabicab disambut ribuan peserta upacara yang telah siap sejak pukul delapan pagi.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bupati Blora membacakan sambutan Kakwarnas Adhyaksa Dault yang berpesan  bahwa pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada Satya dan Darma Pramuka harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan Pramuka sebagai pedoman bersikap dan berprilaku.

“Dengan mengusung tema Hari Pramuka Ke-56 Tahun 2017 yaitu “Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa”, mengindikasikan bahwa Gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda berkarakter melalui berbagai kegiatan yang lebih melibatkan kaum muda untuk mewariskan yang terbaik bagi bangsa, utamanya menyiapkan generasi mileneal untuk menjadi pemimpin terbaik bagi bangsanya,” ucapnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Blora memberikan ucapan selamat kepada kontingan cabang Blora yang telah berhasil meraih predikat sebagai Juara Favorit Kerjasama Terkompak Antar Kontingen Cabang dalam acara Raimuna Nasional Ke-XI Tahun 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur sejak 10-21 Agustus ini.

“Pramuka Blora mbayani, mampu berprestasi di ajang Raimuna Nasional yang diikuti 514 Kabupaten dari 34 Provinsi se Indonesia,” lanjutnya.

Usai Upacara dilanjutkan penyerahan penghargaan kepada penggiat Pramuka berupa Lencana Melati kepada Suyantoro dan Lencana Darmabakti kepada Drs. Waryoto dan Sjafrizal Dadang Musianto.

Kemudian penghargaan Lencana Pancawarsa kepada 25 orang yang terdiri dari Lisning Eni Wahyu H, Wahyu Widayati, Sujiharno, Diana Johan Nusanto, Supriyo, Moedjiyono, Bagus Nugroho, Indyarti Setyowati, Agung Wijayani, Sintong Joko Kusworo, Kusmini, Agus Heri Proklamanto, Lian Mesiani, Jumiati, Noor Laily Fitriyati, Sri Hartati, Siti Muzayanah, Ariyani Budi Ekawati, Khoirul Anam, Wratsari Khrisnamurti, Suyoto, Suwaji, Suyanto, Ngadi dan Juminarsih.

“Kepada para penerima penghargaan dari Gerakan Pramuka, saya ucapkan selamat dan terima kasih atas jasa-jasa, pengabdian, dan kerja sama selama ini dalam meningkatkan aktivitas dan kualitas Gerakan Pramuka. Semoga penghargaan yang telah diterima dapat memacu dan memotivasi Kakak-kakak untuk dapat membantu tanpa bosan dan lelah guna memajukan Gerakan Pramuka dalam mencapai tujuan yang dicita-citakan Bangsa ini,” kata Bupati Blora.

 

Terpisah, Slamet Pamudji, Ketua Harian Kwarcab Blora menjelaskan bahwa diundurnya peringatan Hari Pramuka ke 56 tingkat Kabupaten Blora di tanggal 21 Agustus ini dikarenakan untuk menyesuaikan dengan agenda Agustusan.

 

“14 Agustus lalu dilakukan perkemahan di masing-masing kwaran dan tasyakuran di Kantor Kwarcab. Sedangkan Upacara disesuaikan dengan agenda Kabupaten sehingga baru bisa dilaksanakan hari ini. Adapun untuk tingkat Jawa Tengah, peringatan Hari Pramuka baru akan dilaksanakan pada hari Kamis 24 Agustus mendatang,” terangnya.

Reporter : Ngatono / Humas Setda Blora

  • Bagikan