fbpx

PERINGATI HARI BUMI, GANJAR AJAK MASYARAKAT TIDAK BUANG SAMPAH SEMBARANGAN

PERINGATI HARI BUMI, GANJAR AJAK MASYARAKAT TIDAK BUANG SAMPAH SEMBARANGAN
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo

Semarang – Momentum hari bumi, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak masyarakat untuk merespons pemanasan global dan perubahan iklim.

Menurutnya, tekanan terhadap bumi makin luar biasa sehingga perlu kearifan untuk mengelola, menata, dan memulihkan.

“Beberapa bencana alam yang terjadi belakangan ini banyak yang mengatakan karena faktor perubahan iklim dan adanya La Nina. Namun jika ditarik lagi perubahan iklim kemudian ada longsor hingga banjir bandang itu bisa jadi karena kita,” kata Ganjar saat membuka webinar peringatan hari bumi dengan tema “Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Berkelanjutan” di Ruang Kerjanya, Kamis (22/4).

 

PERINGATI HARI BUMI, GANJAR AJAK MASYARAKAT TIDAK BUANG SAMPAH SEMBARANGAN
Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo

 

Ganjar menambahkan, baik-buruknya kondisi bumi ke depan bergantung pada bagaimana manusia mengolahnya. Ditambah lagi ekploitasi lingkungan dan gas buang yang menjadi polusi.

Eksploitasi sumber daya alam itu harus dikendalikan dengan regulasi. Maka dari itu, Ganjar mengajak semua pihak untuk mulai beralih ke energi baru terbarukan sehingga tidak banyak terjadi polusi. 

“Ini penting karena banyak potensi energi baru terbarukan seperti matahari, panas bumi, ini musti kita dorong. Pelan-pelan kita harus mulai meninggalkan energi fosil. Ini yang kita harapkan ada satu proses percepatan. Gas alam kita banyak, di Jawa Tengah itu ada gas rawa yang bisa digunakan oleh masyarakat dan sangat aplikatif,” terangnya.

Selain itu, Ganjar juga mengajak kepada masyarakat tentang pentingnya tidak buang sampah sembarangan, bisa memilah dan memilih, kemudian mengolahnya dengan benar.

“Awas perubahan cuaca menjadi sangat luar biasa. Bencana-bencana mulai muncul. Kalau kita tidak paham pada soal ini dan tidak beraksi maka resiko itu akan kita hadapi semuanya. Mudah-mudahan semua menjadi sadar, kita kelola lingkungan dengan baik, kita banyak tanam, kita kelola sampah, sungai-sungai kita bersihkan, mata air kita jaga agar anak-cucu kita bisa menikmati kondisi bumi ini lebih baik,” pungkasnya. (Jay)