PERINGATI SURO DAN TOLAK BALAK, WARGA KUNDEN GELAR LAMPORAN

Blora- Warga Kelurahan Kunden Kecamatan Blora Kota Kabupaten Blora memiliki tradisi turun temurun untuk memperingati Bulan Suro, yakni Lamporan. Tradisi ini merupakan wujud syukur sekaligus tolak balak.

 

Tradisi Lamporan di Kelurahan Kunden Kecamatan Blora Kota Kabupaten Blora

Tradisi Lamporan di Kelurahan Kunden Kecamatan Blora Kota Kabupaten Blora

 

“Ini merupakan budaya turun temurun yang dilakukan warga Kunden Blora Kota. Secara umum, tradisi ini bertujuan untuk memohon perlindungan dan kewilujengan (keselamatan),” terang Camat Blora Kota, Dasiran yang hadir dalam acara ini, Kamis (12/09).

Lamporan yang diikuti sedikitnya 500 warga ini berlangsung meriah. Mereka membawa obor yang dibuat dari bambu, diiringi dengan tarian Barongan dan atraksi semburan api. Acara dimulai dengan doa bersama di pendopo kelurahan setempat.

Rute lamporan, bermula dari pendopo kelurahan Kunden menuju utara hingga perempatan Gudang Banyu. Kemudian, pawai melintasi jalan Makam Pahlawan hingga pertigaan menuju jalan Tentara Pelajar.

Pawai ini kemudian berhenti sejenak di kediaman mantan Bupati Blora Yudhi Sancoyo. Di lokasi ini, atraksi barongan dimainkan selama seperempat jam. Sembari menikmati atraksi barongan, warga yang mengikuti prosesi ini dijamu dengan sajian yang disediakan tuan rumah.

Usai atraksi barongan, pawai dilanjutkan menuju ke alun-alun Blora dan melintas di depan Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora. Barisan kemudian bergerak menuju jalan Abu Umar hinga ke jalan Agil Kusumodyo.

Lurah Kunden, Umiyati menambahkan, barisan Lamporan ini kemudian kembali menuju ke Pendopo Kelurahan Kunden sebagai titik akhir pawai. Di lokasi tersebut, warga dan seluruh barisan Lamporan melaksanakan kendurian sebagai penutup acara.

“Ditutup dengan makan bersama, atau kendurian. Sajian yang dihidangkan merupakan sumbangan dari warga,” jelasnya usai acara. (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan