fbpx

PERKAYA WAWASAN, PARA GURU JELAJAH SEJARAH DI CEPU

Agenda tahunan jelajah sejarah lokal kembali dihelat oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah SMA se-Kabupaten Blora. Hal itu dilakukan guna menambah pengayaan materi pembelajaran kepada siswa. Untuk perhelatan kali ini, jelajah dilaksanakan di wilayah Kecamatan Cepu, Sabtu (19/3).
Distinasi Sejarah di Kecamatan Cepu

Cepu- Agenda tahunan jelajah sejarah lokal kembali dihelat oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Sejarah SMA se-Kabupaten Blora. Hal itu dilakukan guna menambah pengayaan materi pembelajaran kepada siswa. Untuk perhelatan kali ini, jelajah dilaksanakan di wilayah Kecamatan Cepu, Sabtu (19/3).

Sri Wahyu Dini Astari selaku Ketua MGMP Sejarah SMA Kabupaten Blora mengemukakan, agenda jelajah sejarah lokal ini merupakan agenda rutin MGMP. Sebelumya di tahun 2019 juga telah dilaksanakan. Lokasinya di wilayah Kecamatan Kradenan.

BACA JUGA :  ASAL NAMA BLORA

“Jadi ini sejatinya agenda rutin MGMP Sejarah, yang diikuti oleh guru sejarah SMA se Blora, ada 30 guru sejarah SMA yang ikut acara ini agar pengetahuan sejarah makin bertambah, khususnya sejarah lokal dengan melihat secara langsung,” ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, ada empat destinasi sejarah yang dijelajahi, yakni Loko Tour, Islam Situs Jipang, Situs Ngloram serta Situs Purbakala Kapuan. Pada masing-masing titik, para guru mendapat penjelasan dari sejumlah narasumber serta praktisi.

BACA JUGA :  KERAMAT SUNAN BONANG

Sementara itu, Yanung Pujo Raharjanto, salah satu guru mapel sejarah dari SMAN 1 Ngawen mengaku, melalui jelajah sejarah lokal, para guru tidak hanya menyampaikan materi dari literasi buku saja, melainkan juga membuktikan secara langsung ke lokasi sejarah.

“Tentu saja sangat berkesan setelah melihat dan mengunjungi langsung ke lokasi dengan dipandu petugas dari Dinporabudpar Kabupaten Blora,” ujarnya.

BACA JUGA :  19 NOVEMBER DAN PERISTIWA MENARIK DIDALAMNYA

Sekedar diketahui, agenda jelajah sejarah lokal yang dihelat MGMP Sejarah SMA Kabupaten Blora merupakan hasil kerja sama dengan Dinas Kepemudaan Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Blora. (Kin).