fbpx

PERTAMINA EPC ADK MULAI PENGEBORAN DI NGLOBO

  • Bagikan
PERTAMINA EPC ADK MULAI PENGEBORAN DI NGLOBO
Pengeboran eksplorasi ini, untuk membuktikan kekayaan akan mineral yang terkandung dalam bumi Blora. Foto : Humas Polres Blora

Jiken – Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu Alas Dara Kemuning (PEPC ADK) mulai mengebor sumur NGU-1X di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Blora.

“Pengeboran eksplorasi ini, untuk membuktikan kekayaan akan mineral yang terkandung dalam bumi Blora,” ujar Direktur (General Manager) PEPC ADK Jhon H. Simamora, Kamis (27/4) kemarin.

 

PERTAMINA EPC ADK MULAI PENGEBORAN DI NGLOBO
Pengeboran eksplorasi ini, untuk membuktikan kekayaan akan mineral yang terkandung dalam bumi Blora. Foto : Humas Polres Blora

 

Tahap pertama dimulainya pengeboran eksplorasi, ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Bupati Blora Djoko Nugroho bersama Direktur PEPC ADK, dan Kapolres Blora AKBP Surisman, serta Dandim 0721 Blora Letkol Inf. Susilo di atas peralatan pengeboran (rig, red).

Menurut Jhon H. Simamora, di lokasi sumur yang berada di kawasan hutan jati itu, belum bisa diketahui apakah di titik pengeboran nantinya akan diketemukan minyak atau gas. Namun dirinya berharap, pengeboran itu bakal mendapatkan cadangan minyak dengan jumlah besar.

Jhon menyebutkan, pengeboran eksplorasi dilakukan dalam kurun waktu 66 hari itu. Terdiri dari 28 hari pengeboran dan 38 hari completing dan testing. Kedalaman pengeboran mencapai 2.000 meter hingga 2.200 meter. “Jika diketemukan minyak atau gas, itu akan bisa menambah cadangan migas untuk memenuhi kebutuhan energi nasional,” tandasnya.

Forkopimcam Kecamatan Jiken bersama Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja pun melakukan perekrutan tenaga kerja lokal. Juga melibatkan beberapa kontraktor yang mempekerjakan tenaga kerja lokal dari Desa Nglobo dan Desa Cabak, yang ikut dalam kegiatan pengeboran.

Sebelumnya, PEPC ADK terlebih dahulu memperbaiki kerusakan jalan dari wilayah Cabak hingga Nglobo, sebelum dilakukan pengeboran. Pasalnya, jalan tersebut juga yang dilalui kendaraan berat pengangkut peralatan pengeboran. Selain itu, perbaikan akses jalan menuju lokasi sumur itu, merupakan salah satu tuntutan warga.

Sementara itu, Bupati Blora Djoko Nugroho mengatakan, “kegagalan pengeboran yang pernah terjadi di sejumlah lokasi di Blora hendaknya menjadi pengalaman berharga. Semoga pengeboran kali ini mendapatkan hasil cadangan minyak yang melimpah,” tandas Djoko Nugroho.

Dalam acara tersebut, sebagai penghormatan adat istiadat yang selama ini dipraktikan masyarakat setempat. PEPC ADK bersama warga Desa Cabak dan Nglobo juga menggelar doa dan selamatan sebelum dimulainya pengeboran. Selain itu pula, diberikan bantuan untuk warga fakir miskin.

Menyikapi hal tersebut, secara terpisah Kapolres Blora mengapresiasi manajemen PT. Pertamina, yang telah membantu menyerap tenaga kerja masyarakat setempat. “Ini dapat menambah income perkapita serta mengurangi angka pengangguran, sehingga angka kriminalitas berkurang,” ujar Kapolres Blora.

Tak hanya itu, pengamanan obyek vital ini akan ditingkatkan lagi, dengan beroperasionalnya kegiatan ini. Sesuai dengan pernyataan Dir Pam Obvit Polda Jateng, supaya tidak terjadi hal-hal yang dapat menimbulkan kerawanan, yang bisa merugikan banyak pihak.

“Anggota Polres Blora akan selalu siap, apabila dibutuhkan dalam meningkatkan pengamanan obyek vital ini. Untuk menjaga keamanan dan kelancaran, dalam proses eksploitasi demi kepentingan bersama,” pungkasnya.

Reporter : Ngatono

banner 120x500
  • Bagikan