fbpx

PETANI DI BANDUNGROJO NGAWEN PANEN RAYA KACANG HIJAU

  • Bagikan
Panen Raya Kacang Hijau di Desa Bandungrojo Kecamatan Ngawen, Sabtu (07/07).

Ngawen – Panen pertama komoditas Kacang Hijau di Desa Bandungrojo Kecamatan Ngawen menuai hasil yang memuaskan. Hasil panen yang cukup banyak dan harga Kacang Hijau yang tinggi membuat petani setempat berniat kembali menanam komoditas yang sama untuk masa tanam selanjutnya.

 

Panen Raya Kacang Hijau di Desa Bandungrojo Kecamatan Ngawen, Sabtu (07/07).

 

Salah satu petani Kacang Hijau, Munir (52), mengungkapkan kenaikan harga Kacang Hijau di musim tanam tahun ini cukup baik.

“Harga biasa Kacang Hijau adalah Rp 9.500 per kilogram. Sedangkan di musim panen tahun ini, harganya mencapai Rp 13.500 per kilogram,” jelasnya, Sabtu (07/07).

Untuk musim panen tahun ini, Munir mengaku mendapatkan hasil panen yang cukup banyak. Biasanya, tiap hektar lahan hanya menghasilkan 1,5 sampai 2 kwintal Kacang Hijau.

“Musim panen kali ini, satu hektar lahan bisa menghasilkan sampai 3 kwintal. Saya sendiri punya dua hektar,” lanjut Munir.

Kacang Hijau membutuhkan waktu selama tiga bulan, mulai dari penanaman hingga panen. Menurut Munir, hasil panen yang baik sangat ditentukan dari perawatan tanaman dan pemberian pupuk yang cukup.

“Karena hasilnya sangat memuaskan, untuk penanaman selanjutnya kita akan kembali menanam Kacang Hijau,” pungkasnya.

Reporter :  Muharror Ali

  • Bagikan