fbpx

PETANI DI SEJUMLAH DAERAH MULAI PANEN PADI

  • Bagikan

Kedungtuban – Petani di sejumlah daerah di kawasan Blora selatan mulai memasuki musim panen padi. Salah satunya di Desa Gondel Kecamatan Kedungtuban. Musim panen berlangsung setelah menjalani proses tanam dan rawat yang hampir memakan waktu selama 120 hari.

Salah satu titik panen padi terletak di sebuah lahan seluas 2 hektar milik Sadi anggota Kelompok Tani (Poktan) Sumber Rejeki yang menanam padi varietas Ciherang. Bersama anggota Koramil 08 Kedungtuban, Sadi memanen padinya dengan alat perontok manual.

 

Panen padi di lahan pertanian Desa Gondel Kecamatan Kedungtuban, Sabtu (13/01).

 

“Varietasnya Ciherang Jumbo, masa tanam sampai panen sekitar 115 – 120 hari,” komentar Sadi sambil terus merontokkan padinya.

Anggota Koramil 08 Kedungtuban Koptu Ngadimin mengatakan, kerja bersama ini merupakan salah satu tips untuk dekat dengan petani di wilayah binaannya.

“Ini salah satu upaya kita dalam rangka pendekatan emosional dengan para petani di wilayah binaan kita. Tentu tujuannya untuk meningkatkan produktivitas petani dalam rangka mendukung program swasembada pangan nasional yang dicanangkan pemerintah,” komentar Koptu Ngadimin di lokasi panen padi seperti dikutip Pendim 0721 Blora, Sabtu (13/01).

Danramil Kedungtuban Kapten Inf Darmanto mengapresiasi langkah yang dilakukan para anggotanya.

“Babinsa akan selalu siap mendampingi para Petani dan selalu berkoordinasi dengan pihak PPL dan UPTD Pertanian demi suksesnya program ketahanan pangan Nasional di Kabupaten Blora,” tegas kapten Inf Darmanto.

Penyunting : Jacko Priyanto

  • Bagikan