fbpx

PLURAL! WARGA KAUMAN GELAR UPACARA HUT RI 77 DENGAN BAJU ADAT NUSANTARA

Pluralitas budaya terpancar jelas pada warga Kelurahan Kauman, Kecamatan Blora kala menggelar Upacara HUT kemerdekaan RI ke-77. Pasalnya, para warga yang mengikuti upacara terlihat memakai berbagai baju adat nusantara. Baik dari Jawa, Sunda, betawi ataupun yang lainnya.
Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Blora, BLORANEWS – Pluralitas budaya terpancar jelas pada warga Kelurahan Kauman, Kecamatan Blora kala menggelar Upacara HUT kemerdekaan RI ke-77. Pasalnya, para warga yang mengikuti upacara terlihat memakai berbagai baju adat nusantara. Baik dari Jawa, Sunda, betawi ataupun yang lainnya.

Salah seorang warga yang mengenakan baju adat Sunda, Ayu mengatakan, ide tersebut berawal dari ibu-ibu warga setempat yang ingin menciptakan sesuatu yang berbeda. Kemudian dipilihlah konsep baju adat dan karnaval untuk meramaikan HUT Kemerdekaan RI.

BACA JUGA :  HARI KEMERDEKAAN, AHY: NEGARA INI DIBANGUN ATAS PEMIKIRAN BESAR

“Konsep baju adat ini sudah dimulai tahun kemarin. Tapi berhubung pandemi jadi gak ada karnaval,” ucapnya, Rabu (17/8) di Lapangan Kelurahan Setempat.

Sementara itu, Lurah Kauman Wahyu Purwanto mengatakan, momen kemerdekaan ini pada dasarnya ditujukan untuk mememperkuat kebersamaan dan persatuan antar warga.

“Terkait konsep baju adat, memang keberagaman dari warga ini dari kebhinekaan untuk menjadikan persatuan warga. Menjadikan momen ini tidak ada perbedaan baik suku, agama, ras dan golongan. Tetap bersatu padu,” terangnya.

BACA JUGA :  MUSIM KEMARAU TIBA, WARGA KAUMAN TERIMA DUA TANGKI AIR BERSIH

Usai upacara digelar karnaval yang memutari jalan di Kelurahan Kauman. Setelahnya, dilanjutkan penyerahan secara simbolis bantuan bagi para janda di Kelurahan tersebut.

“Mudah-mudahan dalam HUT ini selalu mendapatkan pertolongan dan dipermudah dalam segala urusan,” pungkasnya. (*).