fbpx

PPDB 2020, DINAS PENDIDIKAN TUNGGU PERATURAN BUPATI

  • Bagikan
Ilustrasi
Ilustrasi

Blora – Ditengah pandemi covid-19 Dinas Pendidikan Blora masih menunggu Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur tentang penerimaan peserta didik baru (PPDB).

 

Ilustrasi
Ilustrasi

 

Hendi purnomo, Kepala Dinas Pendidikan Blora menjelaskan, Perbup akan mengatur secara teknis tentang PPDB ditengah pandemi covid-19. namun, Hendi mengaku belum mengetahui secara detail, apalagi jika terjadi perubahan keadaan.

Untuk Sekolah Menengah Pertama, proses PPDB sepenuhnya akan dilakulan daring atau online, sedang untuk TK dan SD belum bisa.

Hendi menambahkan, Pendaftaran akan dimulai pada Mei hingga Juni. Pendaftar hanya diperbolehkan memilih satu sekolahan.

“Nanti sistem atau aplikasi dari kami, bukan dari sekolah masing-masing. Persyaratannya diupload, tidak boleh ada pertemuan tatap muka. Sekitar Mei sampai Juni pendaftarannya,” jelas Hendi.

Terkait dengan zonasi hendi menjelaskan di aturan terbaru lebih lunak jika dibanding dengan aturan yang lama, aturan tersebut mengatur zonasi minimal sebanyak 50 persen, afirmasi 15 persen, perpindahan orangtua 5 persen, dan sisanya berdasarkan prestasi.

”Dulu kan zonasi 90 persen, sisanya perpindahan orangtua dan prestasi. Ada evaluasi, ini ada afirmasi untuk golongan kurang mampu,” tutur Hendi kemarin. 

Zonasi akan memperioritaskan zona 1 sampai tercukupi kouta 50 persen, Untuk mereka yang pindah KK harus minimal setahun sebelumnya, untuk yang mendaftar melalui perpindahan orangtua harus ada surat dari pimpinan instansi.

”Prioritasnya di zona 1. Nanti kan ada zona 2, zona 3, zona 4, sesuai aplikasi. Bergantung jarak rumah ke sekolah kan,” pungkasnya. (Jyk)

banner 120x500
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

error: Konten dilindungi!!