PUNCAK MUSIM HUJAN DIPERKIRAKAN BERLANGSUNG PADA FEBRUARI

Blora- Puncak musim hujan tahun ini, diperkirakan akan jatuh pada bulan Februari. Di musim penghujan, wilayah Kabupaten Blora berpotensi terjadi bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan sejumlah bencana lain.

 

Bupati Blora Djoko Nugroho mengecek persiapan penanggulangan bencana menjelang puncak musim hujan di kantor BPBD Kabupaten Blora

Bupati Blora Djoko Nugroho mengecek persiapan penanggulangan bencana menjelang puncak musim hujan di kantor BPBD Kabupaten Blora

 

Untuk menghadapi ancaman bencana alam di puncak musim hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora melakukan serangkaian persiapan. Persiapan tersebut salah satunya dengan meningkatkan sistem manajemen bencana dalam rangka pencegahan.

“Kita terus meningkatkan sistem manajemen bencana dalam rangka pencegahan, mitigasi, kesiapan, dan tanggap darurat kejadian bencana,” terang Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Blora, Hadi Praseno dalam rakor kesiapsiagaan bencana, Selasa (14/01).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Blora Djoko Nugroho mengatakan, jika dibanding dengan wilayah lainnya, Kabupaten Blora memang relatif aman dari beragam potensi bencana. Hanya saja yang patut diwaspadai adalah kejadian banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

“Sampaikan kepada masyarakat agar mereka juga paham cara antisipasi dan penanggulangannya sehingga bisa menimimalisir korban jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Doa kita jangan sampai ada bencana,” harapnya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan, dalam rangka penanggulangan bencana alam, jejaring dari tingkat Kabupaten hingga Desa harus terjalin kuat. Dalam upaya ini, Pemkab juga berharap kerja sama dari unsur TNI dan Polri.

“Mulai dari Forkopimdes (Kades, Babinsa, Bhabinkamtibmas), ke Kecamatan ada Forkopimcam, hingga tingkat Kabupaten ada Forkopimda. Manfaatkan jaringan itu untuk sistem pelaporan yang cepat dan akurat. Lakukan latihan gabungan agar bisa kompak,” pungkasnya. (jyk)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan