PUNGGURSUGIH, MEMILIH SEDEKAH BUMI SEDERHANA DIKALA BENCANA

Ngawen – Sedekah bumi atau sedekah desa cukup populer di Indonesia, khususnya jawa, Sedekah bumi adalah upacara adat yang melambangkan rasa syukur masyarakat  terhadap Tuhan  yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.

 

Tasyakuran Sedekah bumi di Masjid desa setempat

 

Sejumlah desa menggelar upacara sedekah bumi dengan cukup semarak dengan pertunjukan kesenian daerah. ada pula yang merayakan ala kadarnya.

Punggursugih salah satunya, tidak seperti tahun sebelumnya yang selalu menyuguhkan berbagai macam pertunjukan, pada tahun ini dengan pertimbanhan sedang musim pandemi pemerintah kelurahan Punggursugih memilih melaksanakan sedekah bumi dengan upacara sederhana.

Kepala kelurahan Punggursugih, Ali Mustofa melalui salah satu perangakatnya Imron menyampaikan, pengumuman beberapa hari sebelum sedekah bumi, bahwa punggur akan ada sedekah bumi hari jum’at kliwon, (03/07) tetapi sederhana.

“mboten enten tontonan, karena masih pandemi covid 19” katanya.

Tokoh agama, muhyidin ketika memimpin kondanga  ( tasyakuran) sedekah bumi di masjid mengatakan, sedekah bumi kita lakukan karena rasa syukur kita kepada Allah karena telah memberikan tanah subur yang menjadi sumber pangan.

“kita punya sawah dan ladang dapat ditanami sehingga panen ketika tiba saatnya,” ujarnya. (Jamil)

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan