fbpx

RAMADHAN DI KOTA MUSTIKA : PESONA MASJID AGUNG BLORA

  • Bagikan
KEGIATAN DI MASJID AGUNG BAITUNNUR BLORA
KEGIATAN ROMADHAN DI MASJID AGUNG BAITUUNUR BLORA
Suasana pengajian menjelang berbuka puasa di Masjid Agung Blora

Blora (18.06.2016) Bulan Ramadhan di Blora merupakan salah satu momentum istimewa untuk menyegarkan kembali jiwa masyarakat Blora. Masjid Agung Baitunnur Blora menyajikan berbagai agenda dalam bulan yang penuh berkah ini.

Agenda rutin ramadhan Masjid Agung Blora adalah pengajian menjelang berbuka puasa di serambi masjid. Kajian yang didalami adalah kajian-kajian fiqih islam yang didasarkan pada kitab-kitab fiqih klasik ulama nusantara.

Kajian ini diselenggarakan sejak tanggal pertama bulan Ramadhan sampai hari terakhir bulan ramadhan. Kajian dimulai pada pukul lima sore dan diakhiri menjelang jam berbuka puasa.

JADWAL KEGIATAN BULAN ROMADHAN

Agenda selanjutnya adalah sholat tarawih berjamaah. Sholat tarawih di Masjid Agung Baitunnur menggunakan format dua puluh rokaat tarawih dan tiga rokaat sholat witir.

Kultum (kuliah tujuh menit) disampaikan sebelum sholat tarawih. Materi kultum disampaikan oleh para ulama-ulama Blora secara bergiliran dengan tema yang beragam.

Muatan dalam kultum sebagian besar berupa motivasi untuk semangat dalam beribadah serta pesan-pesan moral lainnya. Selain disampaikan sebelum sholat tarawih, kultum juga disampaikan setelah jama’ah sholat subuh setiap harinya.

Menurut agenda, tanggal 17 ramadhan mendatang akan diselenggarakan pengajian dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an. Sepuluh hari terakhir bulan ramadhan diagendakan akan dilaksanakan i’tikaf bersama dimulai pada tanggal 21 ramadhan sampai tanggal 29 ramadhan.

Di akhir bulan ramadhan diagendakan untuk menerima dan menyalurkan zakat kepada para mustahiq (orang / golongan yang berhak menerima zakat). Tanggal 1 Syawal akan dilaksanakan sholat Idul Fitri. Seluruh agenda dibawah pengawasan Ta’mir Masjid Agung Baitunnur Blora.

Reporter  : Muhammad Thohirin

Foto      : Az Zulfa

banner 120x500
  • Bagikan
error: Konten dilindungi!!