RATUBANGNEGORO : POROS INVESTASI REGIONAL KOTA MUSTIKA

Blora (17.07.2016) Kabupaten Blora dengan segala potensinya perlu melakukan kerjasama dengan daerah-daerah disekitarnya. Hal ini untuk memaksimalkan potensi-potensi utama Kabupaten Blora untuk kesejahteraan rakyat. Salah satu bentuk kerjasama Kabupaten Blora dengan daerah-daerah disekitarnya adalah keterlibatan Kabupaten Blora dalam sebuah komunitas pengembangan investasi yang bernama Ratubangnegoro.

KERJA SAMA DAERAH BLORA DAN SEKITARNYA

Ratubangnegoro merupakan poros investasi Blora bersama daerah-daerah yang mengelilinginya

Badan Kerjasama Antar Daerah (BKAD) Ratubangnegoro merupakan wadah kerjasama empat kabupaten yang meliputi Kabupaten Blora, Kabupaten Tuban, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Bojonegoro. Letak keempat daerah tersebut saling berdekatan sekalipun berada di dua provinsi yang berbeda. Kabupaten Tuban dan Kabupaten Bojonegoro berada di Provinsi Jawa Timur, sedangkan Kabupaten Rembang dan Kabupaten Blora berada di Provinsi Jawa Tengah.

BKAD Ratubangnegoro diinisiasi dari kemiripan potensi daerah-daerah tersebut. Selain itu, pergerakan ekonomi masyarakat di empat kabupaten tersebut sangat dinamis. Pergerakan ini kerap kali melintasi batas-batas administratif wilayah sehingga kerjasama antar daerah yang berdekatan harus dilakukan. Pada 6 Juli 2006, empat bupati masing-masing dari Kabupaten Blora, Kabupaten Tuban, Kabupaten Rembang dan Kabupaten Bojonegoro membuat kesepakatan bersama untuk mensinergikan program-program daerah tersebut.

Sampai saat ini kerjasama yang dilakukan oleh BKAD Ratubangnegoro meliputi kerjasama kesehatan, pertambangan, energi, kehutanan dan perkebunan, penanaman modal dan ketenagakerjaan, serta kerjasama di bidang pariwisata dan kebudayaan.

Berbagai agenda telah dilakukan oleh BKAD Ratubangnegoro, baik di Kabupaten Blora, Tuban, Rembang maupun Bojonegoro. Pada tahun 2014 di Kabupaten Bojonegoro pernah digelar Bursa Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersamaan dengan peringatan HUT Kabupaten Bojongegoro ke- 337. Di Kabupaten Blora, pada peringatan HUT Kota Mustika ke-265 digelar kegiatan yang sama, Pameran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta pawai budaya.

Ratubangnegoro dapat menjadi media Kabupaten Blora untuk mempromosikan kekayaan potensi lokal sehingga dapat dikenal di kancah regional dan nasional [.]

Editor              : Muhammad Afwan Hakim

Foto                 : Ilustrasi Bloranews

Sumber            : info pariwisatadan kebudayaan kab tuban dan Berbagai Sumber

Subscribe

Terima kasih telah membaca berita kami, Isi Kotak di Bawah untuk berlangganan newslatter kami.

No Responses

Comments are closed.